--> Pertanda Datangnya Penyakit Berdasarkan Sasih Menurut Lontar Roga Sanghara Bumi | TelusurBali.com

Pertanda Datangnya Penyakit Berdasarkan Sasih Menurut Lontar Roga Sanghara Bumi

Sumber Ilustrasi;  https://putra834.wordpress.com Selain mengenal bulan pada kalender Masehi, di Bali masyarakat juga mengenal bulan s...

Sumber Ilustrasi; https://putra834.wordpress.com

Selain mengenal bulan pada kalender Masehi, di Bali masyarakat juga mengenal bulan sesuai sistem kalender Bali. Sama seperti pada kalender Masehi, di Bali juga dikenal ada 12 bulan yang disebut sasih yang terdiri atas sasih kasa, kara, ketiga, kapat, kalima, kaenem, kapitu, kaulu, kesanga, kedasa, jyesta, dan sada.

Menurut Lontar Roga Sanghara Bumi yang disarikan oleh Putu Widhi Kurniawan dalam Durmanggalaning Jagat Tutur Roga Sanghara Bumi, setiap bulan ini akan diturunkan penyakit ke dunia dengan ciri-ciri yang berbeda. Lontar ini merupakan sebuah tutur atau tuntunan terkait dengan pertanda alam serta akibatnya. Juga dijelaskan tentang penolak atau pecaruan dari setiap pertanda tersebut. Berikut merupakan pertanda penyakit yang diturunkan pada setiap sasihnya beserta banten caru yang digunakan untuk penangkalnya.

1. Sasih Kasa
Sasih kasa merupakan sasih pertama dalam sistem kalender Bali yang jatuh sekitar bulan Juli. Penyakit pada sasih ini disebabkan oleh Kala dari Bhatara. Penyakitnya yaitu panas dingin, badan bergetar, serta gelisah. 

Adapun caru atau upakara yang digunakan sebagai ‘penangkal’ yakni dengan jalan membuat sanggah cucuk yang diletakkan di sisi kiri pintu gerbang dengan bantennya nasi tiga warna, ayam putih kuning dibuat lauk dijadikan tiga bagian, buah tiga jenis, bunga tiga warna, canang tiga tanding, diletakkan di bawah segehan dituangi tuak dan air. Saat melakukan persembahan sebut Kala Bergala.

2. Sasih Karo
Penyakit pada sasih karo atau bulan kedua dalam kalender Bali yang jatuh pada bulan Agustus diturunkan oleh Bhatara Ratnaning Rat. Ciri-ciri penyakit pada sasih ini yakni tidur gelisah, menyebut-nyebut, panas dan lesu, jiwanya terancam. 

Penolaknya yakni dengan mempersembahkan caru pada setiap pintu keluar. Juga memasang sanggah cucuk pada sisi kiri pintu keluar yang diisi sujang, dimana di dalam sujang berisi tuak dan air. Bantennya berupa tumpeng dua buah, ikan sate lembat babi, lawar merah dan putih, canang gantal, rokok dua batang, berisi bendera dari kasa putih. Di bawah segehan dituangi tuak dan air dan sebut para prajurit Bhatara Ratnaning Rat.

3. Sasih Katiga
Sasih ketiga jatuh pada bulan September. Penyakit pada sasih ini disebabkan oleh Kala dari Bhatara Jagatpati. Ciri-ciri penyakitnya yaitu panas, gelisah, badan bergetar, kepala pusing seperti mau pecah. 

Untuk penolaknya menggunakan sanggah cucuk yang dipasang di sisi kanan pintu keluar. Upakaranya berupa ketupat lima jenis, ikannya palem udang, kepiting kering, isi sawah, canang lima tanding, segehan. Pada saat mempersembahkan sebut Kala Prayoni.

4. Sasih Kapat
Sasih kapat jatuh pada bulan Oktober. Penyakit yang datang disebabkan oleh Kala dari Bhatara Kusumajati. Adapun penyakit yang diturunkan berupa panas seperti dibakar, gelisah tak pernah berhenti sampai empat hari, tiga hari tak bisa makan, dan ingin terus minum air. 

Penolaknya dengan memasang sanggah cucuk pada salah satu sisi pintu keluar dan berisi daun beringin. Sarana upakaranya berupa sepasang tumpeng kuning, ayam putih dibuat lauk dijadikan satu tanding, buah, canang gantal arum lima tanding, rokok empat batang, kemenyan, tuak satu sujang. Di bawah segehan dituangi dengan tuak dan air dan sebut Kala Wigraha Bhumi.

5. Sasih Kalima
Sasih ini berada pada bulan November. Penyakit pada sasih ini datang dari Kala dari Bhatara Jagatkarana dengan pertanda menggigil, panas gelisah, kepala sakit seperti ditusuk-tusuk, dan tidak bisa bangun. 

Untuk penangkalnya, sanggah cucuk dipasang di sisi kiri pintu dengan banten panek dua buah, lauk daging babi, sate lembat asem, buah, canang dua tanding, tuak satu tekor, segehan. Sebut Sang Kala Mangsa.

6. Sasih Kaenem
Pada bulan Desember menurut perhitungan kalender Bali merupakan sasih Kaenem. Pada saat ini prajurit dari Bhatara Moda menurunkan penyakit ke dunia. Penyakit yang diturunkan memiliki ciri-ciri panas seperti dipanggang, menyebut-nyebut tak karuan, bisa menyebabkan kematian, seperti orang galak. 

Pasang sanggah cucuk pada sisi pintu keluar sebagai penolak. Sanggah cucuk ini berisi daun tulak, tuak dengan wadah sujang. Bantennya sepasang tumpeng hitam, sate calon, lawar merah putih, jajan begina, dan pisang rebus. Sementara untuk banten di bawah menggunakan segehan sembilan tanding, jeroan babi mentah dan masak, geti-geti satu takir dan sebut Bhuta Ngadang Samaya Pati.

7. Sasih Kapitu
Penyakit pada sasih kapitu atau bulan Januari memiliki ciri-ciri badan dingin, perut kaku, tubuh makin kurus, menggigil dan kejang-kejang setelah tiga hari. Untuk carunya menggunakan sanggah cucuk yang diletakkan pada sisi pintu keluar dengan bantennya sepasang tumpeng merah, daging ayam merah dipanggang, serta buah. 

Di halaman Sanggah Kemulan menghaturkan segehan, caru nasi satu pujung, lauk babi satu karang. Juga segehan lima tanding, lawar mewah putih, serta tuak satu tapan. Saat melakukan persembahan sebut Kala Ngandang Semaya.

8. Sasih Kaulu
Sasih kaulu dilaksanakan pada bulan Februari, dimana penyakitnya diturunkan oleh prajurit dari Bhatara Durga. Ciri-ciri penyakit pada sasih ini yaitu muntah berak, panas, pusing, seperti ditusuk-tusuk, serta disentri. 

Carunya menggunakan sanggah cucuk yang dipasang di depan pintu keluar dengan banten lima buah tumpeng yang dialasi daun tlujungan, kulit babi dicampur darah, komoh, kakumbuh kacang satu, lima biji calon agung, geti-geti, pisang kayu, tuak satu bumbung, nasi takilan, telur asin, digantung pada sanggah cucuk. Sebut Sang Kala Dengen.

9. Sasih Kesanga
Pada sasih kesanga (Maret) ini penyakit diturunkan oleh prajurit dari Bhatara Geni. Sakit yang dirasakan seperti gelisah, serta mual-mual. 

Penangkalnya dengan memasang sanggah cucuk di depan pintu keluar, sanggah itu diisi tempat sesajen dengan bantennya yakni dipupuki jeroan babi digoreng, ikan telur dadar, tuak, air berwadah sujang pada lalapan peras penyeneng. Di bawah menggunakan segehan sembilan tanding, dan sebut Kaki Kala Roga.

10. Sasih Kedasa
Pada bulan April merupakan sasih kedasa. Penyakit pada sasih ini ditandai dengan panas serta gelisah. Gunakan penolak berupa sanggah cucuk di depan pintu keluar. Bantennya berupa nasi satu punjung, sate calon, lawar merah dan putih yang diletakkan di bawah segehan.

11. Sasih Jyesta dan Sada
Sasih jyesta datang pada bulan Mei dan sada pada bulan Juni. Pada saat ini penyakitnya berupa flu yang disebut langu. 

Penangkalnya gunakan sanggah cucuk yang dipasang di depan pintu keluar pekarangan dengan bantennya berupa tumpeng sepasang, sate ayam, lawar merah dan putih, sayur daun pepe direbus, kemudian diletakkan di bawah segehan.

Demikian pembahasan pertanda datangnya penyakit pada setiap sasih. Semoga bermanfaat. (TB)

MGID

Name

2020,3,2021,1,abadi,1,aceh,2,adat,3,agraris,1,ahim abdurahim,1,air,1,air panas,1,air suci,2,air terjun,5,aksara suci,1,ala ayuning dewasa,1,alami,2,alas purwo,1,ambon,1,amerika serikat,3,Anak Agung Bagus Sutedja,2,aneh,1,anggara kasih,3,angin,1,angin kencang,1,angkringan,1,anjing,3,aplikasi pengingat terbaik,1,arak,1,arak bali,3,arca,1,arema fc,8,aremania,7,arjuna,1,arsitektur,3,art,18,art center,2,arti mimpi,55,artis,20,artis melukat,2,ary kencana,2,arya wedakarna,2,asta kosala kosali,4,aswatama,1,atma wedana,1,aura kasih,1,australia,4,awatara,4,babad pasek,1,babad tanah jawi,1,babi,2,babi guling,6,babi guling samsam,1,badung,68,bagus wirata,2,bahasa bali,1,bajra sandhi,1,baju hitam,1,bala,1,bali,1168,bali adnyana,1,bali aga,7,bali cliff glamping,1,bali di langkat,1,bali di luar,2,bali di sumatera utara,1,bali kuno,2,bali yang binal,1,balian,3,balinese,1,balinese food,11,bandara bali utara,2,bandara ngurah rai,2,Bandung,3,bangli,24,banjar tainsiat,1,banjir,6,banten,1,banten otonan,1,banten prayascita,1,bantuan,1,banyu pinaruh,1,banyuwangi,2,barack obama,1,basang-basang,1,batam,1,bayu kw,1,bbm,1,Bebai,3,Beji Langon,1,belanda,1,belgia,1,belitung,1,bencana,1,bencana alam,11,bendesa,1,bendungan titab,1,berhala,1,berita,137,berjualan,1,berlari,1,berlibur,1,bertengkar,1,besakih,5,bharatayudha,1,Bhatari Durga,1,bhisama,1,bhuta kala,2,bima,1,bima nata,1,binatang,1,biografi,2,bisnis,8,blt,1,bmkg,1,body painting,1,bogor,1,bom bali,1,bondres,1,Boya Sang Bima,1,brahma,1,Brahma Lelare,1,brerong,1,bri,10,BRI Liga 1,3,buah musim hujan,1,buang air besar,1,buang air kecil,1,buaya,1,buda wage,1,buda wage klawu,3,budaya,363,buddha,1,budha,1,bukit asah,1,buku,2,bulan,2,bulan di pejeng,1,bule,5,bule barbie,1,bule jerman,1,buleleng,65,bunuh diri,1,burung pipit,1,bus hantu,1,calonarang,1,canang sari,3,candi dieng,1,canggu,4,cara merawat rambut,1,cara sadap wa,1,cara temukan hp hilang,1,care bebek,2,caru,2,catetan dibi sande,1,Catur Bekel Dumadi,1,celuluk,1,cetik,5,china,1,chord,2,cina,2,cinta,1,ciri-ciri fake people,1,ciri-ciri manusia bertopeng,1,ciri-ciri manusia palsu,1,clekontong mas,1,Cleo,1,cok rat,1,corona,1,costume,1,covid-19,4,cpns,1,crazy rich,4,cristiano ronaldo,1,crypto,1,cuaca,1,cuing ped,1,Culture,11,cuntaka,1,Dalam Ingatan,1,dana punia,1,danau tamblingan,1,dang hyang niarta,1,Dang Hyang Nirartha,3,dangdut,1,daratan,1,dasa mala,2,dataran tinggi dieng,1,daun kelor,1,daun sirih,1,Death Knot,1,demam berdarah,1,demen pedidi,1,demo,1,denpasa,1,denpasar,136,desa adat,1,desa adat datah,1,desa akah,1,desa banyupoh,1,desa blimbingsari,1,desa buahan,1,desa cempaga,1,desa dapdap putih,1,desa jinengdalem,1,desa ketewel,1,desa manggis,1,desa menanga,1,desa munggu,1,desa nyanglan,1,desa nyuh tebel,1,desa penarukan,1,desa penatih dangin puri,1,desa punggul,1,desa selat,1,desa songan a,1,desa sudaji,1,desa tegal kertha,1,desa tembuku,1,desa tista,2,desa undisan,1,desa wisata,1,dewa 19,1,dewa made beratha,1,Dewan Perwakilan Rakyat-Gotong Royong,1,dewasa ayu,7,dewata nawa sanga,3,Dewi Sri,1,dharma wacana,1,dialog dini hari,1,digital,8,dikejar,1,dinasti warmadewa,2,dirjen Bimas Hindu,2,diskon,1,dlhk bali,1,doa,10,doa hindu,1,doa sehari-hari,3,dokter gigi,1,doktor,1,dosen isi,1,dpd ri,1,dprd,2,dprd bali,1,dprd kota denpasar,1,drama gong,3,dresta bali,1,drupadi,1,dubai,1,dungulan,1,duryodana,1,duryudana,1,emas,1,english news,7,Entrepreneurship,1,epos,2,erupsi gunung agung,2,event,8,fakta,1,fashion,1,feature,2,festival,2,film,5,filsafat,1,Fitur terbaru WhatsApp 2021,1,food,14,G20,4,gajah mada,2,galungan,16,gamang,1,gambelan,1,game,1,gamelan bali,1,gamia-gamana,2,gang poppies,1,ganjar pranowo,1,gaya hidup,1,gede ngurah ambara putra,2,gelgel,1,gempa,16,gempa bumi,15,gen z,6,gender wayang,2,generasi z,14,genta,1,gering,2,gering agung,1,gerubug,1,gianyar,55,gigi,1,gilang bhaskara,1,gitgit,1,glamping,4,glamping @ pebbles & fins,1,goa gajah,1,gorontalo,1,gregek tunggek,1,gregrek tunggek,1,gubernur bali,13,gulinten,1,Gung Dewi,1,gunung,1,gunung agung,10,gunung batur,2,gunung semeru,1,guru,1,hamil,3,hantu,5,happy salma,1,hari baik,4,hari raya,17,hari raya hindu sepanjang tahun 2023,1,hastinapura,2,herbal,6,hiburan,3,hidden gem,1,Hindu,504,hindu aceh,1,hindu aluk todolo,1,hindu bali,62,hindu dunia,2,hindu jawa,9,hindu jogja,1,hindu kaharingan,1,hindu kei,2,hindu ntt,1,hindu nusantara,11,hindu tamil,1,hindu tanimbar kei,1,hobby kerauhan,1,Holywings,1,hong kong,1,horor,4,hotel,2,how to,1,hujan,2,hukum,2,hukum dan kriminal,29,hutan,1,i gusti bagus oka,1,I Gusti Ngurah Alit Yudha,1,I Gusti Ngurah Rai,1,I Gusti Nyoman Lempad,1,i gusti putu martha,1,i nyoman ardika,1,I Nyoman Giri Prasta,2,i nyoman kenak,1,i nyoman wara,2,Ida Ayu Laksmi,1,ida bagus made arjawa,1,ida bagus mantra,3,ida bagus oka,1,Ida Bagus Putu Dunia,1,Ida Pedanda Gde Made Tembau,1,idol,1,idul fitri,1,ihdn denpasar,1,india,27,Indonesia,2,infotainment,1,inggris,1,ingkel,1,inna bali beach,1,inspirasi nama bayi,1,inspiratif,1,instalasi,1,internasional,1,international,11,investasi,1,Irjen Pol Teddy Minahasa,2,isi denpasar,6,islam,14,itihasa,1,jagatnatha,1,jakarta,2,janger malampahan,1,janin,1,jantung sehat,1,januari 2023,1,Jason Derulo,1,jawa,7,jawa barat,1,jawa timur,5,jegeg bulan,3,jembatan,1,jembatan kaca,1,jembrana,20,jepang,3,jerawat,1,jerman,1,jessica iskandar,1,JHub Art Space,1,job,1,jodoh,1,joged,2,joko widodo,5,Jokowi,4,jro jepang,1,jrx,1,judi online,1,jukung,1,Julia Roberts,1,jumat kliwon,1,Jumat Paing,1,jumat pon,1,jumat pon dukut,1,Jumat Umanis,1,jumat umanis klawu,1,jumat wage,1,jumat wage uye,1,kadek devi,1,kajeng kliwon,5,kala gotongan,1,kalender,1,kalender pawukon,1,kalimantan,1,kambing,1,kamis kliwon,1,kamis kliwon klawu,1,kamis paing,1,kamis paing dukut,1,kamis pon,1,kamis umanis,2,kamis wage,1,kampung bali,1,kampung bali bekasi,1,kapolda,2,Kapolres Malang,1,Kapten Japa,1,karang,1,karangasem,74,karate,1,karna,1,KB Bali,2,kebakaran,5,kebaya,1,kebo iwa,1,kecelakaan,3,kecelakaan pesawat,1,kecoak,1,kedux garage,1,kehilangan,1,kelapa muda,1,kelingking beach,1,keluarga berencana,1,kelurahan karangasem,1,kemakmuran,1,kemangmang,1,kematian,1,kembang rampe,1,kenangan,1,kencing,1,kepemimpinan,2,kepercayaan,4,kerajaan klungkung,2,kerajaan lamuri,1,kerajaan majapahit,1,keramas,1,kerauhan,2,kesanga,1,Kesehatan,13,kesehatan mental,1,kesiman,3,kesiman kertalangu,1,kesurupan,2,ketua dprd badung,1,ketua dprd gianyar,1,keturunan,1,ketut santosa,1,kintamani,3,kisah teman,1,kkb papua,2,kkn,4,klawu,3,klenik,3,klenteng,1,klub malam,1,klungkung,37,koin micin,1,komisi IV DPRD Kota Denpasar,1,korea selatan,1,koster,1,kpk,5,kresna,1,kriminal,22,kristen,1,krobokan,1,ktt g20,5,kucing,2,kuliner,26,kulit kusam,1,kulit pisang,1,kulkul,1,kuningan,3,kunjungan,1,kunti,1,kupang,1,kusamba,1,kuta,9,kwangen,1,laba-laba,1,labuan bajo,1,lagu bali,3,lahangan sweet,1,lampung,2,lansia,1,lawar,1,layang-layang,2,leak,7,ledakan gudang elpiji,1,leeyonk sinatra,1,lembu,1,lempuyang,1,liburan,1,lifestyle,36,liga 1 2022-2023,1,lingga yoni,1,lirik lagu,16,lirik lagu tuak jakedanill,1,lis,1,lng,1,lombok,5,longsor,1,lontar,176,lontar carcan wong,1,lontar palelindon,1,lontar sundarigama,3,lowongan kerja,1,LPD Kedonganan,1,Lubdaka,1,luhut binsar pandjaitan,1,lukisan,4,lulut,3,lulut emas,1,lumajang,4,made mangku pastika,1,Maestro seni rupa Bali,1,magazine,1,magedong-gedongan,1,magis,3,Mahabharata,46,mahalini raharja,1,mahameru,1,maharani kemala,1,mahasabha luar biasa PHDI,1,majapahit,5,makanan diabetes,1,makanan halal,1,makna dupa,1,malang,4,malas,1,mancing,1,mandalika,1,mandi,2,mang gita,1,mangga,1,mantan pacar,1,mantra,15,mantra bangun pagi,1,mantra cuci muka,1,mantra gosok gigi,1,mantra hindu,4,mantra sebelum tidur,1,mantra sehari-hari,1,marco wisesa,1,marmar herayukti,1,masjid tuha indrapuri,1,materi agama hindu,2,materi pelajaran,2,mawar,1,medan,3,media sosial,2,medis,1,melik,3,melik adnyana,1,melik durga,1,Melukat,16,memedi,1,memotong kuku,1,men weti sanur,1,menangis,1,mendaki,1,mengwi,1,menikah,2,meninggal,2,Menko Marves,1,menteri,2,menteri agama,1,menteri dari bali,2,merajan,1,merakih,1,merdeka,1,mertasari,1,militer,1,mimpi,2,mimpi membuat rumah,1,minggu kliwon,1,minggu pon,1,minggu pon dukut,1,minggu wage,1,Miss Indonesia 2022,1,misteri,20,mistik,87,mistis,98,mitologi dewa,4,mitos,5,mma,1,model,1,monez,1,morelia,1,Motifora,1,motor,1,ms glow,2,music,3,musik,39,musisi,13,nagasepaha,1,nangka muda,1,Nanoe Biroe,2,narkoba,1,nasib,2,nasional,28,natah,1,natya river sidemen,1,nekara,1,nelayan,1,neraka,1,New York Fashion Week,1,news,7,ngaben,14,ngaben tikus,1,ngejot,1,ngelawang,1,ngerebong,1,ngusaba ageng,1,ngusaba nini,1,nosstress,1,ntt,2,Nusa Dua,4,nusa lembongan,1,Nusa Penida,7,nusantara,3,nyama selam,1,Nyampingang Tulang,1,nyentana,1,nyepi,14,obama,1,obat alami kecoak,1,odalan,6,odgj,1,ogoh-ogoh,8,olahraga,5,ongkara,1,otonan,1,padang,1,padewasan,3,pagerwesi,1,pahlawan,3,pajajaran,1,pal sri sedana,2,palawakya,1,palu,1,pameran,3,panca dasa pramiteng prabhu,1,panca sembah,1,pancawara,1,pandawa,2,pandu,1,pangerupukan,5,pangiwa,1,pantai,5,pantai amed,1,Pantai di Bali,1,Pantai Geger,2,pantai kelingking,1,pantai kuta,2,Pantai Melasti,1,Pantai Padang Padang,1,pantai sanur,1,panti asuhan,1,papua,5,papua selatan,1,Partai Golkar,1,pasar badung,2,paskibraka,3,pasraman,1,patung,2,patung bayi Sakah,1,pawang hujan,2,pdam denpasar,2,pdi perjuangan,2,pecinan,1,pedofilia,1,pegayaman,1,pekerjaan,1,pelinggih,1,pemacekan agung,2,pemangku,1,pemaridan guru,2,pemilu 2024,1,penamaan,1,penampahan,2,pencurian,1,pendeta,1,pendidikan,1,pendidikan agama hindu,2,penggak men mersi,1,penginapan,2,pengobatan,22,penjor,4,penjor galungan,1,penulis,1,penyajaan,1,penyakit,2,penyu,1,penyucian,1,perajin,1,perdana menteri,1,pergerakan,1,peristiwa,25,perkawinan sedarah,1,pernikahan,6,peruntungan,2,pesta kesenian bali,23,pesugihan,1,petir,1,petruk,1,phdi,5,phdi Bali,7,PHDI Pusat,2,PI Bedugul,1,pica fest,1,piodalan,1,pis bolong,4,pisau,1,pitara,1,pitra yadnya,2,PKB,19,pkb2022,1,PMI,1,pns,1,pohon keramat,2,polda bali,1,poligami,1,polisi,3,polisi ditusuk di denpasar,1,politikus,2,politisi,1,Polresta Denpasar,2,polsek kuta,1,ponsel,1,pop bali,1,ppkm,1,presiden,1,prestasi,1,primbon,101,primbon bali,45,produk,1,puan maharani,2,puisi berbahasa bali,1,puja tri sandya,1,pulaki,1,pulau menjangan,1,pulet-pulet,1,pupuh,1,pupuh sinom,1,pura,42,pura agung amerta bhuana,1,pura agung blambangan,1,pura agung giri segara,1,pura agung raksa bhuana,1,pura agung surya bhuvana,1,pura agung wana kertha jagatnatha,1,pura andakasa,1,pura batu kursi,1,pura batukaru,1,pura besakih,7,pura candi narmada,1,pura candi pamekasan,1,pura dalem puri besakih,1,pura di jawa,1,pura duta dharma,1,pura esah,1,pura gelap,2,pura giri semeru agung,1,pura girinatha,1,pura goa lawah,1,Pura Goa Pageh,1,pura goa raja,1,pura jagatnatha,2,pura kentel gumi,1,pura kerti bhuana,1,pura lempuyang luhur,2,pura lingsar,1,pura luhur uluwatu,2,pura mandara giri semeru agung,2,pura mekah,1,pura melanting,1,pura meru,1,pura ponjok batu,1,pura pucak penulisan,1,pura pulaki,1,pura puncak penulisan,1,pura punduk dawa,1,pura samuan tiga,1,pura satria bhuana,1,pura satya loka arcana,1,pura segara rupek,1,pura silayukti,1,pura siwa stana giri,1,pura taman ayun,1,Pura Taman Beji Griya Gede Manuaba,1,pura tanah lot,1,pura tirta empul,1,pura tirta mangening,1,pura tirta pingit,1,pura tirta yeh sah,1,pura tumpa,1,pura ulun danu beratan,1,pura watu klotok,1,pura wira satya dharma,1,puri agung klungkung,1,puri pemecutan,1,puri ubud,1,purnama,5,purnama kalima,1,purnama kapat,1,purnama mala sadha,1,puteri indonesia,3,qris,1,rabu pahing,1,rabu pon,1,rabu umanis,1,rabu umanis dukut,1,rabu wage,1,rafting,1,rahina bali,1,raja bali,2,raja bangli,2,raja bharata,1,raja gianyar,1,raja klungkung,1,raja kuru,1,ralaman,1,ramalan,146,ramayana,3,rambut sehat,1,rangda,2,rangda tiba,1,rarung,1,ray peni,1,rejang,1,rejang renteng,1,rejeki,2,rekor muri,1,reportase,3,rerahinan,21,restoran,2,rezeki,1,riau,1,ridwan kamil,1,rinjani,1,ritus,1,rizky febian,1,rocktober,1,Roga Sanghara Bumi,1,roktober,1,rs darmo,1,rsi markandeya,1,rsj bangli,2,rsud wangaya,1,rsup sanglah,2,rujak,1,rumah,1,rutinitas,1,sabtu kliwon,1,sabtu paing klawu,1,sabtu paing ukir,1,Sabtu Umanis,2,sabtu wage,1,sabuh mas,1,sad atatayi,1,sad kahyangan,1,saiban,1,saka 1942,1,sakit gila,1,sakti,1,salon,1,samson bali,1,Sang Hyang Jaran,2,sang kulputih,2,sanggar santhi budaya,1,santet,2,santi,1,sanur,22,sanur village festival,8,sapi,2,sapta timira,1,Sapuh Leger,2,saput poleng,1,saraswati,7,sasih,1,sastra,1,sate lilit,1,satpam pdam,1,sawah,1,sayan,1,sebel,1,segehan,1,sejarah,194,sejarah bali,41,sejarah desa,48,sejarah gunung agung,1,sejarah hindu,4,sejarah pura,63,seksualitas,1,selak,1,selasa kliwon,1,selasa kliwon dukut,1,selasa paing,1,selasa pon,1,selasa pon klawu,1,seleb,1,selingan,1,selingkuh,1,semarang,1,semeru,3,semut sedulur,1,sengap,1,sengkuni,2,seni,62,seniman,9,Senin Kliwon,1,senin paing,1,senin paing klawu,1,Senin Pon,1,senin wage,1,senin wage dukut,1,senjata,1,sepak bola,9,seraya,1,seraya timur,1,serombotan,1,setra badung,1,siat tipat,1,siat yeh,1,sid,2,singaraja,1,sisi lain,84,situs hindu,1,siwa,3,siwaratri,5,sman bali mandara,1,SMPN 13 Denpasar,1,smpn 5 denpasar,3,sniper,1,soekarmen,1,soekarno,3,soma ribek,1,sosok,104,sosrobahu,1,sport,8,stadion kanjuruhan,1,street art,1,suara saking bali,1,sudhi wadani,2,sugihan bali,1,sugihan jawa,1,suku,2,sulawesi tengah,1,sulawesi utara,1,suling,1,sulinggih,12,sultan,1,sumatera,1,sumatera barat,1,sumur,1,sunda kecil,1,Sundari Dewi,1,sungai ayung,1,sunrise,1,sunset,1,surabaya,2,surya kanta,1,suwat,2,tabanan,32,tahun baru 2022,1,tahun baru saka,1,taksu poleng,1,taledan,1,taman penasar,1,tanah,2,tanah longsor,4,tanah lot,1,tanda hp terserang malware,1,tanimbar kei,1,tari,3,tari kreasi,1,tari rejang renteng,1,tata krama,1,tawur,1,Teknologi,11,tenganan,2,tenggelam,1,tenung,19,terbang,1,terjatuh,1,terminal LNG,8,teroris,1,Terry Palmer Hotelier,1,terunyan,2,thailand,1,tiara dewata,1,tika pagraky,2,tilem,5,tingkatan leak,1,tinju,1,tips,1,tirta,2,tirta empul,4,titi buwuk,1,tni,3,tni ad,1,tokek,1,tokoh,120,tonya,1,toraja,1,tradisi,7,tradisional,6,tragedi Kanjuruhan,1,travel,9,Tresna Nyama,1,Tri Handoko Seto,1,tri sandya,2,trunyan,1,tsunami,1,tuan miura djo,1,tugu tiga,1,tuhan,1,tukad ayung,3,tukad badung,2,tukad bindu,1,tukad loloan,1,tukad oongan,1,tukad unda,1,tukad yeh ho,1,tulamben,1,tumbal,1,tumpek,2,tumpek kandang,1,tumpek krulut,1,tumpek landep,1,tumpek wariga,2,tumpek wayang,2,tuselak,1,tutorial,3,uang kepeng,1,ubud,16,ubud foof festival,1,udeng merah,1,ugu,2,uhn igb sugriwa,2,ujian,1,ulah pati,5,ular,4,uma,1,umkm,1,uncal balung,1,uni emirat arab,1,unik,13,universitas gajah mada,1,universitas indonesia,2,universitas udayana,1,unud,4,unuk,1,upakara,4,usada,1,usada buduh,1,usadha,9,vaksinasi Covid-19,2,vandalisme,1,veteran,1,video,1,viral,32,visiting bali,1,wakil gubernur bali,1,walhi bali,7,wanita,1,wariga,138,wariga meteor,1,warisan,1,warung mak beng,1,warung pengkolan,1,was penganten,1,watak,2,watek,1,wayan koster,7,Wayang,8,wbtb,1,weda,1,wewaran,3,whatsapp,3,whdi,1,wilio,1,wira krisna,2,wiracarita,10,wisata,77,wna,1,wuku,5,wuku bala,1,wuku dukut,7,wuku klawu,2,wuku Watugunung,4,wuku wayang,3,yadnya,2,yadnya sesa,2,Yan Srikandi,1,yeh labuh,2,yong sagita,1,zodiac,2,zodiak,18,
ltr
item
TelusurBali.com: Pertanda Datangnya Penyakit Berdasarkan Sasih Menurut Lontar Roga Sanghara Bumi
Pertanda Datangnya Penyakit Berdasarkan Sasih Menurut Lontar Roga Sanghara Bumi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIGSmWnjnvqGOba0Hh0nGbNFlPrD6Z580ks4d7Q3-aykwfrM_kvSpds-0if5IpF1N1797AZVx-aPmtmuAlT6tAzFNzNJGDO3UHkcAUqPXRCFfAURVQFgm_MqE5i7Vwp5tznyrqvXBADDs/s1600/butakala.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIGSmWnjnvqGOba0Hh0nGbNFlPrD6Z580ks4d7Q3-aykwfrM_kvSpds-0if5IpF1N1797AZVx-aPmtmuAlT6tAzFNzNJGDO3UHkcAUqPXRCFfAURVQFgm_MqE5i7Vwp5tznyrqvXBADDs/s72-c/butakala.jpg
TelusurBali.com
https://www.telusurbali.com/2019/10/pertanda-datangnya-penyakit-berdasarkan.html
https://www.telusurbali.com/
https://www.telusurbali.com/
https://www.telusurbali.com/2019/10/pertanda-datangnya-penyakit-berdasarkan.html
true
4771231865681501597
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content