--> Ini Sosok 16 Istri Arjuna Menurut Pewayangan Jawa | TelusurBali.com

Ini Sosok 16 Istri Arjuna Menurut Pewayangan Jawa

Sumber:  upload.wikimedia.org Arjuna merupakan sosok dalam wiracarita Mahabharata. Ia merupakan anggota panca pandawa yang merupakan anak ...

Sumber: upload.wikimedia.org

Arjuna merupakan sosok dalam wiracarita Mahabharata. Ia merupakan anggota panca pandawa yang merupakan anak dari Raja Pandu dengan Dewi Kunti. Ia juga dianggap sebagai tokoh yang sangat pandai memanah dan merupakan sahabat baik Kresna. Bahkan dalam perang bharatayudha, Krena adalah kusir dari Arjuna.

Namun jika dibandingkan dengan kisah pada versi pewayangan Jawa, ada perbedaan penggambaran sosok Arjuna dengan versi Mahabharata dari India. Dalam pewayangan Jawa, Arjuna digambarkan sebagai seorang kesatria yang gemar berkelana, bertapa, dan berguru. Selain menjadi murid Resi Drona di Padepokan Sukalima, ia juga menjadi murid Resi Padmanaba dari Pertapaan Untarayana. Arjuna pernah menjadi brahmana di Goa Mintaraga, bergelar Bagawan Ciptaning.

Jika dalam versi Mahabharata India, Arjuna memiliki empat orang istri, Dalam  versi pewayangan Jawa, Arjuna mempunyai banyak istri, itu semua sebagai simbol penghargaan atas jasanya ataupun atas keuletannya yang selalu berguru kepada banyak pertapa. Setidaknya terdapat 16 orang istri dari Arjuna. Berikut keenambelas istri Arjuna tersebut.

1. Dewi Subadra

Dalam pewayangan Jawa, Subadra dikenal sebagai seorang putri anggun, lembut, tenang, setia dan patuh pada suaminya. Sewaktu kecil ia bernama Rara Ireng. Subadra mempunyai dua orang kakak yaitu Kakrasana yang kemudian menjadi raja di Mathura dengan gelar Prabu Baladewa dan Narayana yang kemudian menjadi raja di Dwaraka dengan gelar Prabu Sri Batara Kresna. Subadra menikah dengan salah satu anggota Pandawa yakni Arjuna. Dari pernikahannya tersebut, Subadra memiliki anak bernama Abimanyu yang kemudian menurunkan Prabu Parikesit.

2. Dewi Sulastri

Dewi Sulastri dikisahkan sebagai putri dari Prabu Sasrasudarma pemimpin Kerajaan Pulorajapeti. Ia memiliki dua orang saudara bernama Dewi Sutiragen, dan Raden Sucitra. Dewi Sulastri menjadi istri Raden Arjuna. Prabu Sasrasudarma mengadakan upacara pernikahan antara Raden Arjuna dengan Dewi Sulastri dan sebulan kemudian, Raden Arjuna memboyong Dewi Sulastri menuju Kesatrian Madukara. Dari pernikahannya dengan Arjuna, lahirlah Raden Sumitra.

3. Dewi Larasati

Menurut pewayangan, Larasati merupakan putri dari Harya Prabu Rukma, kakak dari Dewi Kunti yang merupakan ibu Arjuna, sehingga sebenarnya Larasati dan Arjuna masih saudara sepupu. Ibu Larasati bernama Ken Sayuda. Ken Sayuda melakukan hubungan di luar nikah dengan Harya Prabu sehingga hamil dan melahirkan Larasati.

Dari pernikahan Larasati dengan Arjuna, lahir dua anak, yaitu Bambang Sumitra dan Branatalaras. Seperti keakraban Larasti dengan Dewi Subadra, kedua anaknya itu juga akrab dengan Abimanyu putra Subadra yang juga merupakan istri dari Arjuna. Dalam Baratayuda, Bambang Sumitra dan Brantalaras gugur, beberapa saat sebelum Abimanyu gugur dalam peperangan.

4. Dewi Ulupi atau Palupi

Ulupi merupakan seorang janda dimana suaminya dibunuh oleh Garuda. Ia bertemu dengan Arjuna saat Arjuna sedang menjelajahi India Timur Laut dalam masa pengasingan selama satu tahun. Ketika itu, Arjuna mandi di sungai Gangga yang dianggap suci, kemudian arus air menyeretnya hingga ke tengah sungai. 

Di sana, Arjuna bertemu dengan seorang putri naga bernama Ulupi dan menyadari bahwa arus tersebut diciptakan olehnya. Sang putri menyatakan bahwa ia jatuh cinta, lalu mengajak Arjuna bertualang ke dalam air hingga sampai ke istana Naga Korawya. 

Ulupi membujuk Arjuna agar mau menikahinya. Meskipun Arjuna menyukai Ulupi, tetapi ia menolak untuk menikah lagi karena sudah menikahi Drupadi. 

Arjuna menyatakan bahwa ia berjanji untuk tidak berhubungan seksual selama menjalani masa pengasingannya. Tetapi, Ulupi menyatakan bahwa janji itu hanya berlaku bagi Drupadi, bukan untuk wanita lain. 

Setelah diyakinkan oleh Ulupi, maka Arjuna bersedia menikahinya. Dari pernikahannya dengan Arjuna, Ulupi melahirkan seorang putra yang diberi nama Irawan. Irawan diasuh oleh ibunya di negeri Naga, dan tumbuh menjadi seorang pemuda yang kuat dan gagah berani seperti ayahnya.

5. Dewi Jimambang

Dewi Jimambang merupakan putri dari Begawan Wilawuk, sebangsa jin yang berwujud naga raksasa, dan merupakan salah satu abdi dari pertapaan Saptaarga di era Begawan Manumayasa, yaitu kakek buyut Pandawa.

Wilawuk memaksa Arjuna ke rumahnya dan ingin menjodohkan dengan putrinya. Namun, Arjuna menolak karena mengetahui parasnya yang menyeramkan, dan khawatir putrinya juga memiliki paras yang menyeramkan seperti dirinya. Atas paksaan, Arjuna berhasil dilumpuhkan dibawa olehnya menuju pertapaan Saptaarga demi keinginan putrinya.

Sesampainya di pertapaan, Arjuna terkejut melihat paras Dewi Jimambang yang berwujud cantik jelita, kemudian timbul rasa saling jatuh cinta. Dari pernikahan tersebut ia berputra Kumaladewa dan Kumalasakti.

6. Dewi Ratri

Dewi Ratri adalah putri Prabu Yudhistira, raja jin negara Mertani dengan permaisuri Dewi Rahina, putri Prabu Kumbala dengan Dewi Sumirat dari negara Madukara. Ketika negara Mertani ditaklukkan oleh Pandawa, Prabu Yudhisira kemudian manuksma, manunggal dalam tubuh Puntadewa, sulung Pandawa.

Sementara itu adik Prabu Yudistra, Arya Dananjaya yang menguasai negera Madukara manunggal dalam diri Arjuna. Sebelum meninggal, Arya Dananjaya berpesan, agar Arjuna mengawini Dewi Ratri, karena sesunguhnya Dewi Ratri yang memiliki hak waris atas negara Madukara. Amanat itu dilaksanakan oleh Arjuna. Setelah negara menjadi aman dan negara jin Mertani berubah menjadi negera Amarta, Arjuna kemudian mengawini Dewi Ratri. Dalam perkawinannya dengan Arjuna, Dewi Ratri memperoleh seorang putra yang bernama, Bambang Wijanarka.

7. Batari Dresanala

Batari Dresanala merupakan salah satu putri dari Batara Brahma. Karena Arjuna berjasa pada para dewa dengan membunuh Prabu Niwatakawaca, Dewi Dresanala dikawinkan dengan Arjuna sebagai imbalan jasa.Perkawinan itu membuahkan seorang anak yang diberi nama Wisanggeni.

Waktu Wisanggeni masih berada dalam kandungan ibunya, Dewi Dresanala disuruh Batara Brahma bercerai dengan Arjuna,sedang kandungannya disuruh menggugurkan. Namun Dresanala berhasil menyelamatkan kandungannya. Batara Brahma melakukan itu karena hasutan dan intimidasi Batari Durga. Oleh Batara Brama, Dewi Dresanala diberikan pada Dewasrani dan sempat diboyong ke Kerajaan Nusarukmi.

8. Dewi Wilutama

Dewi Wilutama merupakan salah satu dari tujuh bidadari dari Suralaya. Karena kecerdasannya oleh Sanghyang Manikmaya, Dewi Wilutama ditetapkan sebagai kepala dari ketujuh bidadari.

Dewi Wilutama menikah dengan Arjuna dan melahirkan putra bernama Bambang Wilugangga. Dikisahkan bahwa ia tewas dalam perang Baratayudha hari keduabelas akibat terkena panah oleh Begawan Drona.

9. Dewi Manuhara

Dalam pewayangan Jawa, dikisahkan bahwa Manuhara adalah putri Wiku Manikara dari pertapaan Tirtakawana. Dia adalah seorang wanita yang sangat cantik. Ia menikah dengan Arjuna. Dari hasil pernikahannya ia memiliki bayi kembar wanita bernama Pergiwa dan Pergiwati.

10. Dewi Supraba

Dalam kisah pewayangan, ia merupakan bidadari dari kahyangan Jonggringsaloka dan dianggap sebagai ratu bagi para bidadari lainnya. Meskipun sering disebut-sebut sebagai puteri bungsu Batara Indra, ia sesungguhnya berasal dari cahaya yang kemudian pecah menjadi tujuh rupa, yaitu dirinya dan para rekan bidadari Tilottama, Warsiki, Surendra, Gagarmayang, Tunjungbiru, dan Lenglengmulat.

Setelah Arjuna berhasil mengalahkan Prabu Niwatakawaca Arjuna dinobatkan sebagai raja kahyangan dengan gelar Prabu Kiritin yang berarti "tiara permata" dengan Bidadari Dewi Supraba sebagai permaisurinya. Arjuna tinggal di kahyangan selama tujuh tahun masa pembuangannya.

Pernikahannya dengan Dewi Supraba melahirkan seorang putera, yaitu Prabakusuma, yang kelak akan ambil bagian dalam perang Bharatayuddha. Pada hari ketujuh, ia terkena panah yang dilepaskan oleh Drona dan gugur.

11. Dewi Antakawulan

Dikisahkan bahwa Dewi Antakawulan merupakan permaisuri Prabu Barata, raja Ayodya. Alkisah sang dewi Antakawulan masih enggan menuruti Prabu Barata apabila Prabu Barata belum sanggup menerjemahkan teka-tekinya dan malah dijawab oleh Leksmana Murdaka.

Dewi Antakawulan berbalik ingin disunting Leksmana Murdaka dan terus berusaha mendapatkan hatinya. Namun, sang Leksmana Murdaka tak menyukai kehidupan duniawi. Kesempatan ini dipakai Arjuna untuk berpura-pura jadi Leksmana Murdaka. Akhirnya Arjuna yang menyunting Dewi Antakawulan.

Dewi Antakawulan kemudian berputra Bambang Antakadewa.

12. Dewi Juwitaningrat

Juwitaningrat adalah raseksi (raksasa wanita) sakti yang menjelma menjadi wanita cantik yang serupa dengan Dewi Banowati. Tujuannya adalah agar dirinya bisa merayu Arjuna. Arjuna terkecoh dan memperistrinya. Dari perkawinannya dengan Arjuna, Dewi Juwitaningrat mendapat seorang anak bernama Bambang Senggoto atau Bambang Semboto.

Setelah menjadi isteri Arjuna Juwitaningrat lalu menghasut agar isteri dan anak sah Arjuna, Sembadra dan Abimanyu dibuang ke hutan.  Arjuna yang sudah keblinger menuruti kemauan Juwitaningrat.

Abimanyu ketika dibuang ke hutan menamakan dirinya Jaka Pengalasan. Jaka Pengalasan berusaha mengembalikan keutuhan rumah tangga orang tuanya dan menyingkap rahasia pihak ketiga yang telah menebar petaka. Jaka Pengalasan kemudian membunuh Bambang Senggoto. Abimanyu juga mengalahkan Dewi Juwitaningrat sehingga kembali pada wujudnya semula sebagai raseksi. 

13. Dewi Maheswara

Dikisahkan bahwa Arjuna juga memiliki seorang istri bernama Dewi Maheswara. Dewi Maheswara merupakan istri keduabelas arjuna. Namun dari pernikahannya ini ia tak dikarunia anak.

14. Dewi Retno Kasimpar

Retno Kasimpar adalah istri ke-13 Arjuna. Dari perkawinan ini tidak dikaruniai anak.

15. Dewi Dyah Sarimaya

Raja dari Kerajaan Srawantipura bernama Prabu Sukendra memiliki putri bernama Dyah Sarimaya yang cantik. Namun Dyah Sarimaya hamil tanpa diketahui yang menghamilinya.

Setelah ditanya, Dyah Sarimaya dengan berterus-terang melaporkan keadaan dirinya dari awal sampai akhir, bahwasanya sampai dalam keadaan mengandung, sebab bertemu dengan seorang satriya Madukara bernama Raden Arjuna. Agaknya keterangan yang jujur dari putri Sarimaya tak dapat begitu saja diterima oleh Prabu Sukendra. Raden Mayakusuma Patih Kalakismaya diperintahkan untuk segera menghukum Dyah Sarimaya, dengan jalan dibakar hidup-hidup.

Perintah segera dilaksanakan, Dyah Sarimaya tampak terbakar di api unggun, namun tak mati. Kelihatan Raden Arjuna di dalam api unggun itu bertemu dengan istrinya ialah Dyah Sarimaya. Setelah berpesan kepada Dyah Sarimaya, Raden Arjuna kembali ke praja Madukara.

16. Dewi Srikandi

Dalam pewayangan Jawa, dikisahkan bahwa Srikandi lahir karena keinginan kedua orangtuanya, yaitu Prabu Drupada dan Dewi Gandawati, menginginkan kelahiran seorang anak dengan normal. Kedua kakaknya, Dewi Dropadi dan Drestadyumna, dilahirkan melalui puja semadi. Dropadi dilahirkan dari bara api pemujaan, sementara asap api itu menjelma menjadi Drestadyumna.

Dewi Srikandi sangat gemar dalam olah keprajuritan dan mahir dalam mempergunakan senjata panah. Kepandaiannya tersebut didapatnya ketika ia berguru pada Arjuna, yang kemudian menjadi suaminya. Dalam perkawinan tersebut ia tidak memperoleh seorang putra.

Dewi Srikandi menjadi suri teladan prajurit wanita. Ia bertindak sebagai penanggung jawab keselamatan dan keamanan kesatrian Madukara dengan segala isinya. Dalam perang Bharatayuddha, Dewi Srikandi tampil sebagai senapati perang Pandawa menggantikan Resi Seta, kesatria Wirata yang telah gugur untuk menghadapi Bisma, senapati agung balatentara Korawa.

Dengan panah Hrusangkali, Dewi Srikandi dapat menewaskan Bisma, sesuai kutukan Dewi Amba, putri Prabu Darmahambara, raja negara Giyantipura, yang dendam kepada Bisma. Dalam akhir riwayat Dewi Srikandi diceriterakan bahwa ia tewas dibunuh Aswatama yang menyelundup masuk ke keraton Hastinapura setelah berakhirnya perang Bharatayuddha. (TB)

 

MGID

Name

2020,3,2021,1,abadi,1,aceh,1,adat,3,agraris,1,air,1,air suci,2,air terjun,2,aksara suci,1,ala ayuning dewasa,1,alami,2,alas purwo,1,amerika serikat,3,aneh,1,anggara kasih,3,angin kencang,1,angkringan,1,anjing,3,aplikasi pengingat terbaik,1,arak,1,arak bali,3,arca,1,arema fc,8,aremania,7,arjuna,1,arsitektur,3,art,18,art center,1,arti mimpi,8,artis,19,artis melukat,2,ary kencana,2,aswatama,1,atma wedana,1,aura kasih,1,australia,4,awatara,4,babad pasek,1,babad tanah jawi,1,babi,1,babi guling,4,babi guling samsam,1,badung,62,bagus wirata,2,bahasa bali,1,bala,1,bali,997,bali adnyana,1,bali aga,7,bali di langkat,1,bali di luar,2,bali di sumatera utara,1,bali kuno,1,bali yang binal,1,balian,2,balinese food,11,bandara bali utara,2,bandara ngurah rai,2,Bandung,1,bangli,18,banjar tainsiat,1,banjir,6,banten,1,banten otonan,1,bantuan,1,banyu pinaruh,1,banyuwangi,1,barack obama,1,basang-basang,1,bayu kw,1,bbm,1,Bebai,2,Beji Langon,1,belgia,1,belitung,1,bencana,1,bencana alam,11,bendesa,1,bendungan titab,1,berhala,1,berita,137,besakih,3,bharatayudha,1,Bhatari Durga,1,bhisama,1,bhuta kala,2,bima,1,binatang,1,biografi,2,bisnis,8,blt,1,bmkg,1,body painting,1,bom bali,1,bondres,1,Boya Sang Bima,1,brahma,1,Brahma Lelare,1,bri,10,BRI Liga 1,3,buah musim hujan,1,buda wage,1,buda wage klawu,1,budaya,248,budha,1,buku,1,bulan,1,bulan di pejeng,1,bule,5,buleleng,55,bunuh diri,1,burung pipit,1,bus hantu,1,calonarang,1,canang sari,2,candi dieng,1,canggu,3,cara merawat rambut,1,cara sadap wa,1,cara temukan hp hilang,1,care bebek,2,caru,1,catetan dibi sande,1,Catur Bekel Dumadi,1,cetik,4,china,1,chord,2,cina,2,cinta,1,ciri-ciri fake people,1,ciri-ciri manusia bertopeng,1,ciri-ciri manusia palsu,1,Cleo,1,corona,1,costume,1,covid-19,4,cpns,1,crazy rich,3,cristiano ronaldo,1,crypto,1,cuaca,1,Culture,11,Dalam Ingatan,1,dana punia,1,Dang Hyang Nirartha,3,dangdut,1,daratan,1,dataran tinggi dieng,1,daun kelor,1,daun sirih,1,Death Knot,1,demam berdarah,1,demen pedidi,1,demo,1,denpasa,1,denpasar,122,desa adat,1,desa adat datah,1,desa dapdap putih,1,desa jinengdalem,1,desa manggis,1,desa munggu,1,desa nyanglan,1,desa sudaji,1,desa undisan,1,desa wisata,1,dewa 19,1,dewasa ayu,7,dewata nawa sanga,1,Dewi Sri,1,dharma wacana,1,dialog dini hari,1,digital,7,dinasti warmadewa,1,dirjen Bimas Hindu,2,diskon,1,dlhk bali,1,doa,9,doa hindu,1,doa sehari-hari,3,dokter gigi,1,doktor,1,dosen isi,1,dprd,2,dprd bali,1,dprd kota denpasar,1,drama gong,3,dresta bali,1,drupadi,1,dubai,1,duryodana,1,duryudana,1,epos,2,erupsi gunung agung,2,event,8,fakta,1,feature,2,festival,2,film,5,filsafat,1,Fitur terbaru WhatsApp 2021,1,food,14,G20,4,gajah mada,1,galungan,15,gambelan,1,game,1,gamelan bali,1,gang poppies,1,ganjar pranowo,1,gaya hidup,1,gelgel,1,gempa,16,gempa bumi,14,genta,1,gering,2,gering agung,1,gerubug,1,gianyar,48,gilang bhaskara,1,gitgit,1,gubernur bali,5,gulinten,1,Gung Dewi,1,gunung agung,9,gunung batur,2,gunung semeru,1,guru,1,hamil,1,happy salma,1,hari baik,4,hari raya,17,hari raya hindu sepanjang tahun 2023,1,hastinapura,1,herbal,6,hiburan,3,Hindu,406,hindu aceh,1,hindu aluk todolo,1,hindu bali,62,hindu dunia,2,hindu jawa,9,hindu jogja,1,hindu kaharingan,1,hindu kei,2,hindu ntt,1,hindu nusantara,11,hindu tamil,1,hindu tanimbar kei,1,hobby kerauhan,1,Holywings,1,hong kong,1,horor,4,hotel,1,how to,1,hujan,1,hukum,2,hukum dan kriminal,29,hutan,1,I Gusti Ngurah Alit Yudha,1,I Gusti Ngurah Rai,1,I Nyoman Giri Prasta,1,i nyoman kenak,1,i nyoman wara,2,Ida Ayu Laksmi,1,Ida Bagus Putu Dunia,1,Ida Pedanda Gde Made Tembau,1,idol,1,idul fitri,1,ihdn denpasar,1,india,27,Indonesia,2,infotainment,1,inggris,1,inna bali beach,1,inspirasi nama bayi,1,inspiratif,1,instalasi,1,internasional,1,international,11,Irjen Pol Teddy Minahasa,2,isi denpasar,6,islam,14,itihasa,1,jagatnatha,1,jakarta,1,janin,1,jantung sehat,1,januari 2023,1,Jason Derulo,1,jawa,7,jawa barat,1,jawa timur,4,jegeg bulan,3,jembatan kaca,1,jembrana,18,jepang,3,jerawat,1,jerman,1,jessica iskandar,1,job,1,jodoh,1,joged,1,joko widodo,5,Jokowi,4,jrx,1,judi online,1,jukung,1,Julia Roberts,1,jumat kliwon,1,Jumat Paing,1,jumat pon,1,Jumat Umanis,1,jumat wage,1,jumat wage uye,1,kadek devi,1,kajeng kliwon,5,kalender,1,kamis kliwon,1,kamis paing,1,kamis pon,1,kamis umanis,1,kamis wage,1,kampung bali,1,kampung bali bekasi,1,kapolda,2,Kapolres Malang,1,Kapten Japa,1,karangasem,54,karna,1,KB Bali,2,kebakaran,4,kebaya,1,kebo iwa,1,kecelakaan,3,kecelakaan pesawat,1,kecoak,1,kedux garage,1,keluarga berencana,1,kemakmuran,1,kematian,1,kembang rampe,1,kenangan,1,kepemimpinan,1,kepercayaan,4,kerajaan klungkung,2,kerauhan,2,kesanga,1,Kesehatan,13,kesiman,3,kesiman kertalangu,1,kesurupan,2,ketua dprd badung,1,ketua dprd gianyar,1,keturunan,1,ketut santosa,1,kintamani,1,kisah teman,1,kkb papua,2,kkn,4,klawu,3,klenik,3,klenteng,1,klungkung,31,koin micin,1,komisi IV DPRD Kota Denpasar,1,korea selatan,1,koster,1,kpk,5,kresna,1,kriminal,22,kristen,1,krobokan,1,ktt g20,5,kucing,1,kuliner,21,kulit kusam,1,kulit pisang,1,kulkul,1,kuningan,3,kunjungan,1,kunti,1,kupang,1,kusamba,1,kuta,8,lagu bali,3,lahangan sweet,1,lampung,1,lansia,1,lawar,1,layang-layang,2,leak,6,leeyonk sinatra,1,lembu,1,lempuyang,1,liburan,1,lifestyle,22,liga 1 2022-2023,1,lingga yoni,1,lirik lagu,16,lirik lagu tuak jakedanill,1,lng,1,lombok,3,longsor,1,lontar,174,lontar carcan wong,1,lontar sundarigama,3,lowongan kerja,1,LPD Kedonganan,1,Lubdaka,1,luhut binsar pandjaitan,1,lukisan,4,lulut,3,lulut emas,1,lumajang,4,magis,3,Mahabharata,44,mahameru,1,mahasabha luar biasa PHDI,1,majapahit,4,makanan diabetes,1,makna dupa,1,malang,4,mancing,1,mandalika,1,mandi,1,mang gita,1,mangga,1,mantra,14,mantra bangun pagi,1,mantra cuci muka,1,mantra gosok gigi,1,mantra hindu,4,mantra sebelum tidur,1,mantra sehari-hari,1,marco wisesa,1,marmar herayukti,1,materi agama hindu,2,materi pelajaran,2,mawar,1,medan,1,media sosial,1,medis,1,Melukat,13,mengwi,1,menikah,2,Menko Marves,1,menteri,2,menteri agama,1,menteri dari bali,2,merajan,1,merakih,1,merdeka,1,mertasari,1,militer,1,mimpi,2,mimpi membuat rumah,1,minggu kliwon,1,minggu pon,1,minggu wage,1,Miss Indonesia 2022,1,misteri,20,mistik,73,mistis,83,mitologi dewa,4,mitos,5,mma,1,model,1,monez,1,morelia,1,Motifora,1,motor,1,ms glow,1,music,3,musik,38,musisi,13,nagasepaha,1,nangka muda,1,Nanoe Biroe,2,narkoba,1,nasib,2,nasional,28,natah,1,nekara,1,nelayan,1,neraka,1,New York Fashion Week,1,news,6,ngaben,14,ngaben tikus,1,ngejot,1,ngelawang,1,ngerebong,1,ngusaba ageng,1,ngusaba nini,1,nosstress,1,ntt,2,Nusa Dua,3,nusa lembongan,1,Nusa Penida,5,nusantara,3,nyama selam,1,Nyampingang Tulang,1,nyentana,1,nyepi,13,obama,1,obat alami kecoak,1,odalan,6,odgj,1,ogoh-ogoh,8,olahraga,5,ongkara,1,otonan,1,pagerwesi,1,pahlawan,3,pajajaran,1,pal sri sedana,1,palawakya,1,pameran,2,pancawara,1,pandawa,2,pandu,1,pangerupukan,5,pangiwa,1,pantai,5,Pantai di Bali,1,Pantai Geger,1,pantai kuta,1,Pantai Melasti,1,Pantai Padang Padang,1,panti asuhan,1,papua,4,Partai Golkar,1,pasar badung,2,paskibraka,3,pasraman,1,patung,2,patung bayi Sakah,1,pawang hujan,2,pdam denpasar,2,pecinan,1,pedofilia,1,pegayaman,1,pelinggih,1,pemacekan agung,2,pemangku,1,pemaridan guru,2,pemilu 2024,1,penamaan,1,penampahan,2,pencurian,1,pendeta,1,pendidikan agama hindu,2,penggak men mersi,1,pengobatan,22,penjor,4,penjor galungan,1,penulis,1,penyajaan,1,penyakit,2,penyu,1,penyucian,1,perajin,1,perdana menteri,1,pergerakan,1,peristiwa,25,pernikahan,4,peruntungan,2,pesta kesenian bali,12,pesugihan,1,petruk,1,phdi,3,phdi Bali,7,PHDI Pusat,2,PI Bedugul,1,pica fest,1,piodalan,1,pis bolong,4,pitara,1,pitra yadnya,1,PKB,12,pkb2022,1,PMI,1,pns,1,pohon keramat,2,polda bali,1,poligami,1,polisi,3,polisi ditusuk di denpasar,1,politikus,2,politisi,1,Polresta Denpasar,1,ponsel,1,pop bali,1,ppkm,1,prestasi,1,primbon,101,produk,1,puan maharani,2,puisi berbahasa bali,1,puja tri sandya,1,pulaki,1,pulet-pulet,1,pupuh,1,pupuh sinom,1,pura,39,pura besakih,4,pura di jawa,1,pura gelap,1,pura giri semeru agung,1,Pura Goa Pageh,1,pura lempuyang luhur,1,pura luhur uluwatu,2,pura mandara giri semeru agung,2,pura melanting,1,pura pucak penulisan,1,pura punduk dawa,1,pura samuan tiga,1,Pura Taman Beji Griya Gede Manuaba,1,pura tumpa,1,puri agung klungkung,1,puri pemecutan,1,purnama,5,purnama kalima,1,purnama kapat,1,puteri indonesia,3,qris,1,rabu pahing,1,rabu pon,1,rabu umanis,1,rabu wage,1,rahina bali,1,raja bali,1,raja bangli,2,raja gianyar,1,raja klungkung,1,ralaman,1,ramalan,134,ramayana,3,rambut sehat,1,ray peni,1,rejang,1,rejang renteng,1,rejeki,2,rekor muri,1,reportase,3,rerahinan,21,restoran,2,rezeki,1,ridwan kamil,1,rinjani,1,ritus,1,Roga Sanghara Bumi,1,rs darmo,1,rsi markandeya,1,rsj bangli,2,rsud wangaya,1,rsup sanglah,2,rujak,1,rutinitas,1,sabtu kliwon,1,sabtu paing ukir,1,Sabtu Umanis,2,sabtu wage,1,sabuh mas,1,sad kahyangan,1,saiban,1,saka 1942,1,sakit gila,1,sakti,1,salon,1,samson bali,1,sanggar santhi budaya,1,santet,1,santi,1,sanur,20,sanur village festival,8,sapi,1,Sapuh Leger,1,saput poleng,1,saraswati,7,sasih,1,sastra,1,sate lilit,1,satpam pdam,1,sawah,1,sayan,1,segehan,1,sejarah,116,sejarah bali,39,sejarah desa,30,sejarah gunung agung,1,sejarah hindu,3,sejarah pura,26,seksualitas,1,selak,1,selasa kliwon,1,selasa paing,1,selasa pon,1,seleb,1,selingan,1,semarang,1,semeru,3,sengkuni,2,seni,59,seniman,9,Senin Kliwon,1,senin paing,1,Senin Pon,1,senin wage,1,senjata,1,sepak bola,9,serombotan,1,siat tipat,1,siat yeh,1,sid,2,sisi lain,84,situs hindu,1,siwa,3,siwaratri,5,sman bali mandara,1,SMPN 13 Denpasar,1,smpn 5 denpasar,3,sniper,1,soekarno,3,soma ribek,1,sosok,87,sosrobahu,1,sport,8,stadion kanjuruhan,1,street art,1,sudhi wadani,2,sugihan bali,1,sugihan jawa,1,suku,2,sulawesi utara,1,suling,1,sulinggih,11,sultan,1,sumatera,1,Sundari Dewi,1,sunset,1,surabaya,2,surya kanta,1,suwat,2,tabanan,26,tahun baru 2022,1,tahun baru saka,1,taksu poleng,1,taledan,1,tanah longsor,4,tanah lot,1,tanda hp terserang malware,1,tanimbar kei,1,tari,3,tari kreasi,1,tari rejang renteng,1,Teknologi,6,tenganan,2,tenung,19,terminal LNG,8,teroris,1,Terry Palmer Hotelier,1,terunyan,2,thailand,1,tiara dewata,1,tilem,5,tingkatan leak,1,tinju,1,tips,1,tirta,2,tirta empul,4,tni,3,tni ad,1,tokek,1,tokoh,101,toraja,1,tradisi,7,tradisional,6,tragedi Kanjuruhan,1,travel,9,Tresna Nyama,1,Tri Handoko Seto,1,tri sandya,2,trunyan,1,tsunami,1,tugu tiga,1,tuhan,1,tukad ayung,3,tukad badung,2,tukad bindu,1,tukad loloan,1,tukad oongan,1,tukad unda,1,tukad yeh ho,1,tumbal,1,tumpek,1,tumpek kandang,1,tumpek krulut,1,tumpek landep,1,tumpek wariga,2,tumpek wayang,1,tuselak,1,tutorial,3,uang kepeng,1,ubud,13,ubud foof festival,1,udeng merah,1,ugu,1,uhn igb sugriwa,2,ulah pati,5,ular,3,uma,1,umkm,1,uni emirat arab,1,unik,13,universitas gajah mada,1,universitas indonesia,2,universitas udayana,1,unud,4,unuk,1,upakara,4,usada,1,usada buduh,1,usadha,9,vaksinasi Covid-19,2,vandalisme,1,veteran,1,video,1,viral,31,walhi bali,7,wariga,121,warisan,1,watak,2,wayan koster,7,Wayang,7,wbtb,1,weda,1,wewaran,3,whatsapp,3,whdi,1,wilio,1,wiracarita,10,wisata,39,wna,1,wuku,4,wuku bala,1,wuku dukut,7,wuku klawu,2,wuku Watugunung,4,wuku wayang,1,yadnya,2,yadnya sesa,1,Yan Srikandi,1,yeh labuh,1,yong sagita,1,zodiac,2,zodiak,18,
ltr
item
TelusurBali.com: Ini Sosok 16 Istri Arjuna Menurut Pewayangan Jawa
Ini Sosok 16 Istri Arjuna Menurut Pewayangan Jawa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhikQkfNp0Z4bw2H-1TGRPVXw9xn4vEdVVSojPt49dbFL84xZBk42knYQWCNnADSLq6tnscXBVeMuWTq97oqZX1kugABtGBcj5v2WfOGJChdwsWn3-reIKGcaU19TBYCbo_60LDjQ2m_Sw/s16000/Ravi_Varma-Arjuna_and_Subhadra.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhikQkfNp0Z4bw2H-1TGRPVXw9xn4vEdVVSojPt49dbFL84xZBk42knYQWCNnADSLq6tnscXBVeMuWTq97oqZX1kugABtGBcj5v2WfOGJChdwsWn3-reIKGcaU19TBYCbo_60LDjQ2m_Sw/s72-c/Ravi_Varma-Arjuna_and_Subhadra.jpg
TelusurBali.com
https://www.telusurbali.com/2020/12/ini-sosok-16-istri-arjuna-menurut.html
https://www.telusurbali.com/
https://www.telusurbali.com/
https://www.telusurbali.com/2020/12/ini-sosok-16-istri-arjuna-menurut.html
true
4771231865681501597
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content