--> 5 Pernyataan maupun Kebijakan Gubernur Bali, Wayan Koster yang Sempat Menimbulkan Pro Kontra dan Viral | TelusurBali.com

5 Pernyataan maupun Kebijakan Gubernur Bali, Wayan Koster yang Sempat Menimbulkan Pro Kontra dan Viral

Wayan Koster merupakan Gubernur Bali kesepuluh yang menjabat sejak 8 September 2018 dengan wakil Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati. Selam...

Wayan Koster merupakan Gubernur Bali kesepuluh yang menjabat sejak 8 September 2018 dengan wakil Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati. Selama pemerintahannya, ia mengusung visi Nangun Sat Kethi Loka Bali.

Namun, selama pemerintahannya tersebut, ada beberapa pernyataannya yang menimbulkan kontroversi atau pro kontra atau kegaduhan dan mengundang reaksi dari masyarakat Bali. Kontroversi ini mulai dari balian yang akan dibuatkan loket khusus di rumah sakit, penggunaan endek, hingga yang terakhir terkait dengan arak.

Berikut setidaknya 5 pernyataan Gubernur Bali, Wayan koster yang menimbulkan kontroversi.

1. Loket Khusus untuk Balian atau Dukun

Dilansir dari website Tribun Bali, saat menerima audiensi Aliansi BEM se-Bali di Wiswa Sabha Gubernur Bali, Rabu 31 Oktober 2018, Gubernur Koster mengatakan jika balian (dukun) dan tukang pijit akan dibuat loket-loket di rumah sakit pemerintah maupun swasta. Loket khusus ini menurutnya akan menjadi satu pilihan pengobatan.

Ia menilai balian atau dukun ini bisa mengobati dengan tenaga prana, menggunakan mantra-mantra dan bisa sembuh sehingga akan disediakan tempat dan bertarif. “Ini bertarif dia. Satu paket sembuh bayar sekian. Kalau saat ini paling dikasi canang sari, dikasi 100 ribu tidak menghargai. Kan sudah bisa disembuhkan,” katanya sebagaimana dikutif dari Tribun Bali.

Koster juga menambahkan, saat berobat ke dokter beberapa kali tidak sembuh lalu datang ke dukun sekali sembuh masak dihargai tidak sampai Rp 1 juta. Sehingga dukun dan sejenisnya ini akan ia resmikan. Akan buatkan asosiasi terlebih dahulu agar tidak ada malpraktik dan dibuat SOP-nya agar ada kode etiknya.

Sontak pernyataannya tersebut pun viral dan mendapat reaksi dari warganet. Karena mendapat reaksi, Gubernur Koster pun menggelar konferensi pers untuk melakukan klarifikasi. Dikutip dari detik.com, Koster mengatakan jika balian yang bakal berpraktik di rumah sakit itu telah diakui kemampuannya lewat lembaga akademis. Akan ada pelatihan, standar, dan sertifikasinya.

Menurutnya praktik pengobatan ini dinamakan usada Bali. Dia mengakui banyak warisan leluhur di Bali tentang pengobatan tradisional yang tertuang di lontar dan praktiknya masih dilakukan. Gubernur Koster juga berencana untuk membangun kawasan khusus di daerah Bangli untuk mengembangkan tumbuh-tumbuhan untuk bahan obat tradisional. Tak hanya itu, dia akan menggandeng Universitas Hindu Indonesia (UNHI) yang memiliki pendidikan S1 pengobatan tradisional lewat prodi kesehatan Ayurweda sebagai tim riset maupun tenaga kesehatannya.

2. Mewajibkan Warga Bali Memakai Endek

Dilansir dari website bali.suara.com, Gubernur Koster mengeluarkan kebijakan baru yakni mewajibkan warga Bali memakai kain endek atau tenun tradisional khas setempat, setiap hari Selasa. Kebijakan ini diatur dalam Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali/Kain Tenun Tradisional Bali, yang ditandatangani Kamis, 28 Januari 2021. Aturan ini mulai berlaku 23 Februari 2021.

Ia mengklaim adanya aturan ini sebagai upaya menggeliatkan produk IKM lokal di tengah pandemi. Ia mengatakan aturan ini berlaku untuk semua, tidak hanya orang kantoran di pemerintah atau swasta, juga masyarakat umum lainnya. “Pada hari Selasa itu, kemanapun melakukan aktivitas harus menggunakan pakaian bahan kain tenun endek Bali,” kata Koster saat menyampaikan penjelasan terkait SE Gubernur Bali No 04 Tahun 2021 di Gedung Gajah, Jayasabha Denpasar, Kamis 11 Februari 2021.

Pernyataannya itu pun langsung mendapat respons negatif dari netizen dan viral. Beberapa netizen bahkan sempat menjadikan sebagai bahan konten dengan tujuan menyindir. Dengan viralnya pernyataannya tersebut, Koster pun membuat klarifikasi.

Dikutif dari Kanalbali.id Gubernur Koster kembali membuat penegasan jika penggunaan pakaian berbahan dasar kain tenun endek di Bali setiap hari Selasa bukan merupakan kewajiban. Ia pun mengatakan jika aturan yang tertuang dalam SE Gubernur Bali No. 04 Tahun 2021 hanya bersifat imbauan. “Jadi ini sifatnya imbauan, kalau imbauan ya tidak mewajibkan. Jadi kalau tidak memakai tidak ada sanksi,” kata Koster di Wantilan Jaya Sabha pada Selasa 16 Februari 2021.

3. KB Bali 4 Anak

Tanggal 14 Juni 2019 Gubernur Koster mengeluarkan Instruksi Gubernur Bali Nomor 1545 Tahun 2019 tentang Sosialisasi Program Keluarga Berencana (KB) Krama Bali. Dimana aturan tersebut berisi anjuran untuk memiliki empat anak. Hal ini menurutnya dilakukan untuk melestarikan nama Nyoman dan Ketut yang semakin langka.

Bahkan Koster juga meminta wali kota dan para bupati untuk segera menghentikan kampanye dan sosialisasi program Keluarga Berencana (KB) dengan jargon dua anak cukup atau dua anak lebih baik dan menggantinya dengan KB Krama Bali dengan 4 anak.

Keluarnya instruksi tersebut pun menimbulkan reaksi yang beragam dari masyarakat. Ada yang setuju dengan alasan nama Nyoman dan Ketut yang kian hilang, namun tak sedikit juga yang menolak dan menyinyirinya dengan alasan perekonomian semakin sulit.

4. Aturan Denda Masker

Dilansir dari Kompas.com, Gubernur Bali, Wayan Koster mengeluarkan Pergub Bali Nomor 46 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 dalam tatanan kehidupan baru. Aturan tersebut dikeluarkan sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) No 2 Tahun 2020.

Pada pergub tersebut tertuang jika warga yang tak pakai masker dikenakan denda sebesar Rp 100.000 dan bagi pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum yang tak menerapkan protokol kesehatan didenda Rp 1 juta. Penerapan denda ini pun mulai berlaku pada 7 September 2020.

Keluarnya Pergub ini pun mendapat tentangan dari masyarakat utamanya masyarakat kelas bawah. Apalagi saat pandemi, semua masyarakat sedang kesusahan malah diberatkan dengan denda yang cukup besar. Juga muncul banyak pertanyaan terkait dengan peruntukan denda masker tersebut.

Reaksi negatif pun muncul ketika tersebar di media sosial video Gubernur Koster yang tak pakai masker dalam sebuah acara dan diduga lokasinya di Klungkung. Video ini mulai viral di media sosial pada 4 Desember 2021. Warganet mempertanyakan apakah Gubernur Koster akan kena denda atau tidak. Nyatanya sampai hari ini tak ada tindaklanjut terkait kejadian tersebut.

Selain itu, pada penerapan PPKM darurat hari pertama, 3 Juli 2021 Koster juga tertangkap kamera tak memakai masker saat berkumpul dengan beberapa pejabat di Bali sebelum menggelar pemantauan PPKM darurat saat malam. Foto tersebut pun menimbulkan reaksi dari warganet.

5. Kopi Tanpa Gula Campur Arak

Dalam pertemuan secara virtual terkait pengarahan PPKM darurat kepada para perbekel dan lurah, Senin 12 Juli 2021, Gubernur Koster mengajak perbekel lurah untuk minum kopi tanpa gula campur arak. Hal itu dilakukan untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 dan saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

“Terus semangat, tidak boleh kendor, tidak boleh sontoloyo, tidak boleh malas-malasan, harus rajin, harus semangat, harus tekun. Kalau kurang semangat, lemas, langsung minum kopi tanpa gula pakai arak, supaya jadi semangat. Seperti saya. Pakai tuak juga boleh. Jadi silakan sesuai selera masing-masing,” kata Koster

Potongan video pernyataannya tersebut pun viral di media sosial. Banyak masyarakat yang mencibir apa yang dikatakan Koster apalagi di tengah kondisi masyarakat yang tak menentu. Selain itu, banyak juga yang mengolok-olok pernyataan tersebut dan memparodikannya, serta ada juga yang memotongnya dan menambahkan dengan potongan video lain sehingga membuat penonton menjadi terpingkal. (TB)

MGID

Name

2020,3,2021,1,abadi,1,aceh,1,adat,3,agraris,1,air,1,air suci,2,air terjun,2,aksara suci,1,ala ayuning dewasa,1,alami,2,alas purwo,1,amerika serikat,3,aneh,1,anggara kasih,3,angin kencang,1,angkringan,1,anjing,3,aplikasi pengingat terbaik,1,arak,1,arak bali,3,arca,1,arema fc,8,aremania,7,arjuna,1,arsitektur,3,art,18,art center,1,arti mimpi,8,artis,19,artis melukat,2,ary kencana,2,arya wedakarna,2,aswatama,1,atma wedana,1,aura kasih,1,australia,4,awatara,4,babad pasek,1,babad tanah jawi,1,babi,1,babi guling,4,babi guling samsam,1,badung,62,bagus wirata,2,bahasa bali,1,bala,1,bali,1000,bali adnyana,1,bali aga,7,bali di langkat,1,bali di luar,2,bali di sumatera utara,1,bali kuno,1,bali yang binal,1,balian,2,balinese food,11,bandara bali utara,2,bandara ngurah rai,2,Bandung,1,bangli,18,banjar tainsiat,1,banjir,6,banten,1,banten otonan,1,bantuan,1,banyu pinaruh,1,banyuwangi,1,barack obama,1,basang-basang,1,bayu kw,1,bbm,1,Bebai,2,Beji Langon,1,belgia,1,belitung,1,bencana,1,bencana alam,11,bendesa,1,bendungan titab,1,berhala,1,berita,137,besakih,3,bharatayudha,1,Bhatari Durga,1,bhisama,1,bhuta kala,2,bima,1,binatang,1,biografi,2,bisnis,8,blt,1,bmkg,1,body painting,1,bom bali,1,bondres,1,Boya Sang Bima,1,brahma,1,Brahma Lelare,1,bri,10,BRI Liga 1,3,buah musim hujan,1,buda wage,1,buda wage klawu,1,budaya,248,budha,1,buku,1,bulan,1,bulan di pejeng,1,bule,5,buleleng,55,bunuh diri,1,burung pipit,1,bus hantu,1,calonarang,1,canang sari,2,candi dieng,1,canggu,3,cara merawat rambut,1,cara sadap wa,1,cara temukan hp hilang,1,care bebek,2,caru,1,catetan dibi sande,1,Catur Bekel Dumadi,1,cetik,4,china,1,chord,2,cina,2,cinta,1,ciri-ciri fake people,1,ciri-ciri manusia bertopeng,1,ciri-ciri manusia palsu,1,Cleo,1,corona,1,costume,1,covid-19,4,cpns,1,crazy rich,3,cristiano ronaldo,1,crypto,1,cuaca,1,Culture,11,Dalam Ingatan,1,dana punia,1,Dang Hyang Nirartha,3,dangdut,1,daratan,1,dataran tinggi dieng,1,daun kelor,1,daun sirih,1,Death Knot,1,demam berdarah,1,demen pedidi,1,demo,1,denpasa,1,denpasar,122,desa adat,1,desa adat datah,1,desa dapdap putih,1,desa jinengdalem,1,desa manggis,1,desa munggu,1,desa nyanglan,1,desa sudaji,1,desa undisan,1,desa wisata,1,dewa 19,1,dewasa ayu,7,dewata nawa sanga,1,Dewi Sri,1,dharma wacana,1,dialog dini hari,1,digital,7,dinasti warmadewa,1,dirjen Bimas Hindu,2,diskon,1,dlhk bali,1,doa,9,doa hindu,1,doa sehari-hari,3,dokter gigi,1,doktor,1,dosen isi,1,dpd ri,1,dprd,2,dprd bali,1,dprd kota denpasar,1,drama gong,3,dresta bali,1,drupadi,1,dubai,1,duryodana,1,duryudana,1,epos,2,erupsi gunung agung,2,event,8,fakta,1,feature,2,festival,2,film,5,filsafat,1,Fitur terbaru WhatsApp 2021,1,food,14,G20,4,gajah mada,1,galungan,15,gambelan,1,game,1,gamelan bali,1,gang poppies,1,ganjar pranowo,1,gaya hidup,1,gede ngurah ambara putra,2,gelgel,1,gempa,16,gempa bumi,14,genta,1,gering,2,gering agung,1,gerubug,1,gianyar,48,gilang bhaskara,1,gitgit,1,gubernur bali,5,gulinten,1,Gung Dewi,1,gunung agung,9,gunung batur,2,gunung semeru,1,guru,1,hamil,1,happy salma,1,hari baik,4,hari raya,17,hari raya hindu sepanjang tahun 2023,1,hastinapura,1,herbal,6,hiburan,3,Hindu,406,hindu aceh,1,hindu aluk todolo,1,hindu bali,62,hindu dunia,2,hindu jawa,9,hindu jogja,1,hindu kaharingan,1,hindu kei,2,hindu ntt,1,hindu nusantara,11,hindu tamil,1,hindu tanimbar kei,1,hobby kerauhan,1,Holywings,1,hong kong,1,horor,4,hotel,1,how to,1,hujan,1,hukum,2,hukum dan kriminal,29,hutan,1,I Gusti Ngurah Alit Yudha,1,I Gusti Ngurah Rai,1,I Nyoman Giri Prasta,1,i nyoman kenak,1,i nyoman wara,2,Ida Ayu Laksmi,1,Ida Bagus Putu Dunia,1,Ida Pedanda Gde Made Tembau,1,idol,1,idul fitri,1,ihdn denpasar,1,india,27,Indonesia,2,infotainment,1,inggris,1,inna bali beach,1,inspirasi nama bayi,1,inspiratif,1,instalasi,1,internasional,1,international,11,Irjen Pol Teddy Minahasa,2,isi denpasar,6,islam,14,itihasa,1,jagatnatha,1,jakarta,1,janin,1,jantung sehat,1,januari 2023,1,Jason Derulo,1,jawa,7,jawa barat,1,jawa timur,4,jegeg bulan,3,jembatan kaca,1,jembrana,18,jepang,3,jerawat,1,jerman,1,jessica iskandar,1,job,1,jodoh,1,joged,1,joko widodo,5,Jokowi,4,jrx,1,judi online,1,jukung,1,Julia Roberts,1,jumat kliwon,1,Jumat Paing,1,jumat pon,1,Jumat Umanis,1,jumat wage,1,jumat wage uye,1,kadek devi,1,kajeng kliwon,5,kalender,1,kamis kliwon,1,kamis paing,1,kamis pon,1,kamis umanis,1,kamis wage,1,kampung bali,1,kampung bali bekasi,1,kapolda,2,Kapolres Malang,1,Kapten Japa,1,karangasem,54,karate,1,karna,1,KB Bali,2,kebakaran,4,kebaya,1,kebo iwa,1,kecelakaan,3,kecelakaan pesawat,1,kecoak,1,kedux garage,1,keluarga berencana,1,kemakmuran,1,kematian,1,kembang rampe,1,kenangan,1,kepemimpinan,1,kepercayaan,4,kerajaan klungkung,2,kerauhan,2,kesanga,1,Kesehatan,13,kesiman,3,kesiman kertalangu,1,kesurupan,2,ketua dprd badung,1,ketua dprd gianyar,1,keturunan,1,ketut santosa,1,kintamani,1,kisah teman,1,kkb papua,2,kkn,4,klawu,3,klenik,3,klenteng,1,klungkung,31,koin micin,1,komisi IV DPRD Kota Denpasar,1,korea selatan,1,koster,1,kpk,5,kresna,1,kriminal,22,kristen,1,krobokan,1,ktt g20,5,kucing,1,kuliner,21,kulit kusam,1,kulit pisang,1,kulkul,1,kuningan,3,kunjungan,1,kunti,1,kupang,1,kusamba,1,kuta,8,lagu bali,3,lahangan sweet,1,lampung,1,lansia,1,lawar,1,layang-layang,2,leak,6,leeyonk sinatra,1,lembu,1,lempuyang,1,liburan,1,lifestyle,22,liga 1 2022-2023,1,lingga yoni,1,lirik lagu,16,lirik lagu tuak jakedanill,1,lng,1,lombok,3,longsor,1,lontar,174,lontar carcan wong,1,lontar sundarigama,3,lowongan kerja,1,LPD Kedonganan,1,Lubdaka,1,luhut binsar pandjaitan,1,lukisan,4,lulut,3,lulut emas,1,lumajang,4,magis,3,Mahabharata,44,mahameru,1,mahasabha luar biasa PHDI,1,majapahit,4,makanan diabetes,1,makna dupa,1,malang,4,mancing,1,mandalika,1,mandi,1,mang gita,1,mangga,1,mantra,14,mantra bangun pagi,1,mantra cuci muka,1,mantra gosok gigi,1,mantra hindu,4,mantra sebelum tidur,1,mantra sehari-hari,1,marco wisesa,1,marmar herayukti,1,materi agama hindu,2,materi pelajaran,2,mawar,1,medan,1,media sosial,1,medis,1,Melukat,13,mengwi,1,menikah,2,Menko Marves,1,menteri,2,menteri agama,1,menteri dari bali,2,merajan,1,merakih,1,merdeka,1,mertasari,1,militer,1,mimpi,2,mimpi membuat rumah,1,minggu kliwon,1,minggu pon,1,minggu wage,1,Miss Indonesia 2022,1,misteri,20,mistik,73,mistis,83,mitologi dewa,4,mitos,5,mma,1,model,1,monez,1,morelia,1,Motifora,1,motor,1,ms glow,1,music,3,musik,38,musisi,13,nagasepaha,1,nangka muda,1,Nanoe Biroe,2,narkoba,1,nasib,2,nasional,28,natah,1,nekara,1,nelayan,1,neraka,1,New York Fashion Week,1,news,7,ngaben,14,ngaben tikus,1,ngejot,1,ngelawang,1,ngerebong,1,ngusaba ageng,1,ngusaba nini,1,nosstress,1,ntt,2,Nusa Dua,3,nusa lembongan,1,Nusa Penida,5,nusantara,3,nyama selam,1,Nyampingang Tulang,1,nyentana,1,nyepi,13,obama,1,obat alami kecoak,1,odalan,6,odgj,1,ogoh-ogoh,8,olahraga,5,ongkara,1,otonan,1,pagerwesi,1,pahlawan,3,pajajaran,1,pal sri sedana,1,palawakya,1,pameran,2,pancawara,1,pandawa,2,pandu,1,pangerupukan,5,pangiwa,1,pantai,5,Pantai di Bali,1,Pantai Geger,1,pantai kuta,1,Pantai Melasti,1,Pantai Padang Padang,1,panti asuhan,1,papua,4,Partai Golkar,1,pasar badung,2,paskibraka,3,pasraman,1,patung,2,patung bayi Sakah,1,pawang hujan,2,pdam denpasar,2,pecinan,1,pedofilia,1,pegayaman,1,pelinggih,1,pemacekan agung,2,pemangku,1,pemaridan guru,2,pemilu 2024,1,penamaan,1,penampahan,2,pencurian,1,pendeta,1,pendidikan agama hindu,2,penggak men mersi,1,pengobatan,22,penjor,4,penjor galungan,1,penulis,1,penyajaan,1,penyakit,2,penyu,1,penyucian,1,perajin,1,perdana menteri,1,pergerakan,1,peristiwa,25,pernikahan,4,peruntungan,2,pesta kesenian bali,12,pesugihan,1,petruk,1,phdi,3,phdi Bali,7,PHDI Pusat,2,PI Bedugul,1,pica fest,1,piodalan,1,pis bolong,4,pitara,1,pitra yadnya,1,PKB,12,pkb2022,1,PMI,1,pns,1,pohon keramat,2,polda bali,1,poligami,1,polisi,3,polisi ditusuk di denpasar,1,politikus,2,politisi,1,Polresta Denpasar,1,ponsel,1,pop bali,1,ppkm,1,prestasi,1,primbon,101,produk,1,puan maharani,2,puisi berbahasa bali,1,puja tri sandya,1,pulaki,1,pulet-pulet,1,pupuh,1,pupuh sinom,1,pura,39,pura besakih,4,pura di jawa,1,pura gelap,1,pura giri semeru agung,1,Pura Goa Pageh,1,pura lempuyang luhur,1,pura luhur uluwatu,2,pura mandara giri semeru agung,2,pura melanting,1,pura pucak penulisan,1,pura punduk dawa,1,pura samuan tiga,1,Pura Taman Beji Griya Gede Manuaba,1,pura tumpa,1,puri agung klungkung,1,puri pemecutan,1,purnama,5,purnama kalima,1,purnama kapat,1,puteri indonesia,3,qris,1,rabu pahing,1,rabu pon,1,rabu umanis,1,rabu wage,1,rahina bali,1,raja bali,1,raja bangli,2,raja gianyar,1,raja klungkung,1,ralaman,1,ramalan,134,ramayana,3,rambut sehat,1,ray peni,1,rejang,1,rejang renteng,1,rejeki,2,rekor muri,1,reportase,3,rerahinan,21,restoran,2,rezeki,1,ridwan kamil,1,rinjani,1,ritus,1,Roga Sanghara Bumi,1,rs darmo,1,rsi markandeya,1,rsj bangli,2,rsud wangaya,1,rsup sanglah,2,rujak,1,rutinitas,1,sabtu kliwon,1,sabtu paing ukir,1,Sabtu Umanis,2,sabtu wage,1,sabuh mas,1,sad kahyangan,1,saiban,1,saka 1942,1,sakit gila,1,sakti,1,salon,1,samson bali,1,sanggar santhi budaya,1,santet,1,santi,1,sanur,20,sanur village festival,8,sapi,1,Sapuh Leger,1,saput poleng,1,saraswati,7,sasih,1,sastra,1,sate lilit,1,satpam pdam,1,sawah,1,sayan,1,segehan,1,sejarah,116,sejarah bali,39,sejarah desa,30,sejarah gunung agung,1,sejarah hindu,3,sejarah pura,26,seksualitas,1,selak,1,selasa kliwon,1,selasa paing,1,selasa pon,1,seleb,1,selingan,1,semarang,1,semeru,3,sengkuni,2,seni,59,seniman,9,Senin Kliwon,1,senin paing,1,Senin Pon,1,senin wage,1,senjata,1,sepak bola,9,serombotan,1,siat tipat,1,siat yeh,1,sid,2,sisi lain,84,situs hindu,1,siwa,3,siwaratri,5,sman bali mandara,1,SMPN 13 Denpasar,1,smpn 5 denpasar,3,sniper,1,soekarno,3,soma ribek,1,sosok,89,sosrobahu,1,sport,8,stadion kanjuruhan,1,street art,1,sudhi wadani,2,sugihan bali,1,sugihan jawa,1,suku,2,sulawesi utara,1,suling,1,sulinggih,11,sultan,1,sumatera,1,Sundari Dewi,1,sunset,1,surabaya,2,surya kanta,1,suwat,2,tabanan,26,tahun baru 2022,1,tahun baru saka,1,taksu poleng,1,taledan,1,tanah longsor,4,tanah lot,1,tanda hp terserang malware,1,tanimbar kei,1,tari,3,tari kreasi,1,tari rejang renteng,1,Teknologi,6,tenganan,2,tenung,19,terminal LNG,8,teroris,1,Terry Palmer Hotelier,1,terunyan,2,thailand,1,tiara dewata,1,tilem,5,tingkatan leak,1,tinju,1,tips,1,tirta,2,tirta empul,4,tni,3,tni ad,1,tokek,1,tokoh,103,toraja,1,tradisi,7,tradisional,6,tragedi Kanjuruhan,1,travel,9,Tresna Nyama,1,Tri Handoko Seto,1,tri sandya,2,trunyan,1,tsunami,1,tugu tiga,1,tuhan,1,tukad ayung,3,tukad badung,2,tukad bindu,1,tukad loloan,1,tukad oongan,1,tukad unda,1,tukad yeh ho,1,tumbal,1,tumpek,1,tumpek kandang,1,tumpek krulut,1,tumpek landep,1,tumpek wariga,2,tumpek wayang,1,tuselak,1,tutorial,3,uang kepeng,1,ubud,13,ubud foof festival,1,udeng merah,1,ugu,1,uhn igb sugriwa,2,ulah pati,5,ular,3,uma,1,umkm,1,uni emirat arab,1,unik,13,universitas gajah mada,1,universitas indonesia,2,universitas udayana,1,unud,4,unuk,1,upakara,4,usada,1,usada buduh,1,usadha,9,vaksinasi Covid-19,2,vandalisme,1,veteran,1,video,1,viral,31,walhi bali,7,wariga,121,warisan,1,watak,2,wayan koster,7,Wayang,7,wbtb,1,weda,1,wewaran,3,whatsapp,3,whdi,1,wilio,1,wiracarita,10,wisata,39,wna,1,wuku,4,wuku bala,1,wuku dukut,7,wuku klawu,2,wuku Watugunung,4,wuku wayang,1,yadnya,2,yadnya sesa,1,Yan Srikandi,1,yeh labuh,1,yong sagita,1,zodiac,2,zodiak,18,
ltr
item
TelusurBali.com: 5 Pernyataan maupun Kebijakan Gubernur Bali, Wayan Koster yang Sempat Menimbulkan Pro Kontra dan Viral
5 Pernyataan maupun Kebijakan Gubernur Bali, Wayan Koster yang Sempat Menimbulkan Pro Kontra dan Viral
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiIN2RcYcFYu7EHyA3O061OWQye9CjF8aY-QoF0bI_nDkGEeIcHYnTKvI5WcwJHxWEOLeEhnyrT1Yt2Mx9NURTMMpGTAxTPhs4aHY8sd3pxIP39Xo2jXq2xy1J52yWivoC2aFLU0Fr3p1A/s16000/berita_KosterSediakanArakBaliPanggungTerhormatdiDuniaPariwisata.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiIN2RcYcFYu7EHyA3O061OWQye9CjF8aY-QoF0bI_nDkGEeIcHYnTKvI5WcwJHxWEOLeEhnyrT1Yt2Mx9NURTMMpGTAxTPhs4aHY8sd3pxIP39Xo2jXq2xy1J52yWivoC2aFLU0Fr3p1A/s72-c/berita_KosterSediakanArakBaliPanggungTerhormatdiDuniaPariwisata.jpg
TelusurBali.com
https://www.telusurbali.com/2021/07/5-pernyataan-maupun-kebijakan-gubernur.html
https://www.telusurbali.com/
https://www.telusurbali.com/
https://www.telusurbali.com/2021/07/5-pernyataan-maupun-kebijakan-gubernur.html
true
4771231865681501597
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content