--> 12 Pura Ini Ada di Dalam Goa, Sudah Pernah ke Sini? | TelusurBali.com

12 Pura Ini Ada di Dalam Goa, Sudah Pernah ke Sini?

Pura Goa Gong. Ist Banyak pura unik yang ada di Bali. Salah satunya yakni pura yang berada di dalam goa. Setiap pura tersebut, memiliki se...

Pura Goa Gong. Ist

Banyak pura unik yang ada di Bali. Salah satunya yakni pura yang berada di dalam goa. Setiap pura tersebut, memiliki sejarah masing-masing, kenapa bisa berada di dalam goa.

Dirangkum oleh tim Telusur Bali, setidaknya terdapat 12 pura di Bali yang berada di dalam goa. Berikut adalah daftar pura tersebut.


1. Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah berada di wilayah Desa Pasinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali. Pura ini berjarak sekitar 40 km dari Kota Denpasar. Pura Goa Lawah dikenal masyarakat karena adanya sebuah goa pada bagian utama pura ini, yang didalamnya terdapat ribuan kelelawar.

Kata Goa berarti Goa/Gua berarti lubang, dan Lawah di Bali memiliki arti kelelawar, jadi Goa Lawah memiliki arti "gua yang dihuni oleh kelelawar". Pura ini juga berstatus sebagai Pura Khayangan Jagat. Lontar Padma Bhuwana menyebutkan Pura Goa Lawah merupakan salah satu kayangan jagat sebagai sthana Dewa Maheswara dan Sanghyang Basukih, dengan fungsi sebagai pusat nyegara-gunung.

Diperkirakan pura ini memiliki riwayat panjang dalam hal pemujaan sejak zaman megalitikum, lalu dikembangkan atau ditata dan kemudian dibangun pelinggih-pelinggih sthana para Dewa dan Bhatara oleh Mpu Kuturan pada abad X.


2. Pura Batu Pageh

Pura Batu Pageh berlokasi di Banjar Kangin, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Lokasinya sendiri berada pada sebuah tebing di goa. Goa tersebut berada pada ketinggian 10 meter, sehingga untuk mencapai lokasinya perlu menaiki tangga.

Goa tempat pelinggih di Pura Dalem Batu Pageh ini sangat unik dan menarik, dan juga dihuni oleh ratusan kelelawar. Dari mulut goa, kita bisa menyaksikan keindahan alam laut Pantai Batu Pageh yang terletak di bawahnya. Jika bersembahyang ke sini, pura pertama yang akan ditemui adalah Pura Taman yang berada di pelataran parkir, kemudian dilanjutkan meniti anak tangga dan bertemu pelinggih Pura Kepandean. Usai itu baru kemudian sampai di Pura Dalem Batu Pageh.


3. Pura Goa Giri Putri

Pura ini berada di Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Seperti namanya Pura Goa Giri Putri, terdapat sejumlah pelinggih yang terdapat dalam sebuah goa. Goa tersebut tergolong cukup luas dan tembus hingga ke dalam sebuah bukit.

Pintu masuknya kecil melalui celah batu seukuran orang dewasa, tetapi pintu keluarnya di seberang cukup besar. Salah satu pelinggih yang berada di tengah goa adalah pelinggih Dewi Gangga, tempat ini dipercaya untuk genah melukat agar secara lahir batin manusia tersebut terlepas dari hal-hal negatif, membersihkan mala dan meminta berkat kesembuhan (pengobatan).


4. Pura Goa Peteng Alam

Odalan di Pura Goa Peteng Alam menggunakan patokan wuku (pawukon) tepatnya pada Redite Wuku Madangkungan. Goa Peteng Alam atau Pura Tunjung Mekar berada di Desa Pakraman Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Pura ini juga biasa digunakan sebagai tempat melukat bagi umat Hindu.

Untuk mencapai Pura Goa Peteng Alam harus memasuki sebuah goa dan menuruni puluhan anak tangga untuk menuju dasar goa, sehingga tempat tersebut memang benar-benar gelap. Walaupun datang pada siang hari, pura ini tetap gelap sehingga lampu penerangan wajib untuk dibawa.

Lokasi pura ini berada di tanah lapang yang sekitarnya cukup sepi. Memasuki pelataran pura, terlihat pohon beringin besar dan memasuki goa ada pelinggih sebagai tempat bersembahyang pertama. Usai itu, baru kemudian masuk dan menuruni anak tangga.

Dengan melukat di Pura Goa Peteng dipecaya bisa menyembuhkan penyakit atau hal-hal negatif pada tubuh manusia. Ada dua sumber air di pura ini yang satunya untuk melukat dan satu lagi untuk nunas tirta.


5. Pura Kereban Langit

Pura ini juga masih berada di wilayah Kecamatan Mengwi. Tepatnya yakni di Banjar Pekandelan, Desa Sading, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Di pura ini terdapat sebuah beji yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk melukat untuk membersihkan diri secara sekala maupun niskala.

Selain itu, banyak juga pemedek yang datang untuk memohon keturunan. Hal ini dikarenakan dulu ada sebuah cerita tentang kelahiran Raja Sri Masula-Sri Masuli. Keduanya merupakan raja kembar yang pernah memerintah di Bali.

Sebelum Sri Masula-Masuli lahir, ayahnya bingung karena tak ada yang akan meneruskan keturunannya. Lalu ia memohon kepada Bhatara di Gunung Agung agar bisa memiliki keturunan. Oleh Bhatara di Gunung Agung, ia diminta untuk mencari Tirtha Salaka.

Ia mengutus seorang brahmana untuk menemukan keberadaan tirta tersebut. Atas petunjuk seorang pertapa, tirta tersebut berada di dalam goa tempat dibangunnya Pura Kereban Langit saat ini.

Setelah meminum tirta tersebut, permaisurinya hamil dan dikaruniai anak kembar laki perempuan atau kembar buncing dan diberi nama Sri Masula-Sri Masuli. Sampai saat ini, masyarakat percaya jika di pura ini bisa memohon keturunan.

Nama pura tersebut berasal dari kata “kereb” yang berarti atap dana, “langit” berarti langit, jadi pura yang beratapkan langit. Di atas langit-langit goa tersebut terdapat lubang tembus ke atas menghadap langit. Di kawasan Pura Kereban Langit ini juga terdapat beji dengan 5 buah pancuran, di tempat inilah para pemedek melukat terlebih dahulu sebelum memulai persembahyangan di areal utama dalam goa. Di dalam goa tersebut selain terdapat sejumlah pelinggih, juga terdapat Tirta yang dinamakan Tirtha Salaka.


6. Pura Goa Raja Tajun

Pura Goa Raja Tajun terletak di Desa Tajun, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali. Pura ini berfungsi sebagai patirtan atau tempat panglukatan. Pura yang berada di kedalaman 177 meter ini, tepatnya di dasar jurang ini konon dijaga oleh tiga ekor naga, yakni Naga Basuki, Naga Taksaka dan Naga Ananta Bhoga.


7. Pura Goa Raja Besakih

Pura Goa Raja ini terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem yang merupakan kompleks dari Pura Besakih. Pura Goa Raja merupakan stana dari Ida Batara Rambut Sedana.

Di pura ini terdapat sebuah sungai dan pada tebingnya ada sebuah goa besar, tetapi sekarang goa tersebut sudah tertimbun runtuhan tanah longsor pada saat Gunung Agung meletus. Dalam cerita tentang perjalanan Dang Hyang Sidimantra ke Besakih, dijelaskan bahwa di goa inilah beliau setiap hari-hari tertentu mempersembahkan haturan kepada Hyang Naga Basuki berupa empahan (susu), madu dan telur.

Juga di tempat ini Dang Hyang Manik Angkeran memotong ekor Naga Basuki, sehingga Dang Hyang Manik Angkeran dibakar oleh Naga Basuki sampai meninggal, tetapi kemudian dihidupkan lagi setelah Dang Hyang Sidimantra (Ayah Dang Hyang Manik Angkeran) dapat memasang kembali ekor Naga Basuki yang terpotong itu.


8. Pura Gedong Pejaten

Pura Gedong ini berlokasi di Banjar Pangkung, Desa Pejaten, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Di Pura Gedong ini terdapat lima buah dulang yang diletakan secara berjajar, lengkap dengan pajengnya di natar pura.

Bagian utama mokamula pura inilah yang terletak di dalam goa dan ada di bawah pohon beringin besar.Akar dari pohon beringin itu menjadi pintu masuk ke dalam goa tersebut.

Dari luar pintu masuk ke dalam goa nampak sangat sempit, hanya sekitar satu meter. Setiap orang yang masuk harus menunduk, namun ketika sampai di dalam, ternyata ukuran goa lumayan besar dengan tinggi sekitar tiga meter dan lebar lima meter.


9. Pura Goa Raja Dalem Tatsaka

Pura Goa Raja Dalem Taksaka berlokasi di Banjar Gerokgak Gede, Desa Delod Peken, Kecamatan/Kabupaten Tabanan. Di pura ini berstana Ida Ratu Biyang Sakti dan Ratu Niang Sakti. Ida Sasuhunan yang berstana di Pura Goa Raja Taksaka ini berhubungan erat dengan Ida Sasuhunan yang berstana di Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Di dalam goa ada beberapa lingga Ida Betara, mulai dari Linggih Ida Betari Durga, Ida Betara Rudra, Ida Betara Siwa, Dewi Kwan In, Palinggih Ratu Nyoman Sakti Pengadangan, serta sejumlah pelinggih lainnya termasuk sebuah gundukan berbentuk seperti trenggiling berukuran besar yang dipercaya merupakan penunggu goa tersebut.


10. Pura Taman Beji Panti

Pura Taman Beji Panti di Sibang Gede, Abiansemal, Badung. Selain untuk malukat, di pura yang terletak  dekat dengan Tukad Ayung ini, juga ada tradisi Nunas Sari dan untuk ritual Otonan anak yang belum berusia maksimal 15 tahun.

Pura ini tergolong unik karena terletak di sebuah goa. Jika pamedek ingin sembahyang, maka harus masuk ke dalam goa hati hati. Pintunya hanya selebar setengah meter, hanya cukup untuk satu orang. Setelah melewati pintu kecil, pamedek  harus berjalan perlahan melewati jalan diantara dua kolam, agar tidak jatuh.

Tidak boleh sembarang orang masuk ke pura untuk malukat, sebab Taman Beji dianggap tenget (angker). Apalagi orang yang baru pertama kali datang ke pura, sebaiknya datang ke pemangku kalau mau sembahyang atau malukat.

Proses malukat dimulai dengan pamedek harus mandi di tempat pemandian umum, dimana air dari kelebutan (sumber mata air) dialirkan keluar. Hal ini dilakukan untuk membersihkan diri sebelum dilukat. Usai mandi, pamedek baru akan sembahyang dan nunas tirta (mohon air suci), baik untuk malukat dengan mandi ataupun hanya masirat (diperciki) tirta saja.


11. Pura Goa Gong

Lokasi Pura Goa Gong di Banjar Batu Mongkong, Desa Jimbaran, Kuta selatan, Badung. Pura ini berawal dari perjalanan suci Dang Hyang Nirartha, dimana ketika itu beliau sedang melakukan yoga semadi di Pura Uluwatu, beliau yang sedang menulis aksara-aksara suci pada beberapa batu yang akan dijadikan dasar pembangunan pura Uluwatu, tiba-tiba mendengar suara gong yang mengalun-alun dari kejauhan. Beliaupun tergerak hatinya untuk mencari tahu sumber suara gong tersebut yang berasal arah Timur Laut.

Piodalan atau pujawali di Pura Goa Gong setiap 6 bulan sekali bertepatan dengan hari Soma Ribek (Soma Pon Wuku Sinta), pada saat piodalan berlangsung, konon acapkali gong tersebut mengeluarkan bunyi secara gaib di pura ini. Jika anda hendak melakukan persembahyangan di Pura Goa Gong, anda bisa menyiapkan sarana upacara (banten) semampunya baik hanya berupa canang ataupun pejati, tapi perlu diketahui setiap hari Rabu pura ini ditutup, tidak diperkenankan memasuki areal goa, walaupun bertepatan dengan perayaan hari besar Hindu seperti hari raya Galungan, jika itu dilakukan akan banyak kejadian aneh menimpa warga.


12. Pura Goa Raja Taksaka

Pura ini berlokasi di Banjar Gerokgak Gede, Desa Delod Peken, Tabanan. Odalan di pura ini yakni pada Buda Keliwon wuku Gumbreg, Di dalam goa ada beberapa lingga Ida Betara, mulai dari Linggih Ida Betari Durga, Ida Betara Rudra, Ida Betara Siwa, Dewi Kwan In, Palinggih Ratu Nyoman Sakti Pengadangan, serta sejumlah pelinggih lainnya termasuk sebuah gundukan berbentuk seperti Trenggiling berukuran besar yang dipercaya merupakan penunggu goa tersebut. Di langit-langit goa juga banyak terdapat kelelawar yang bergelantungan. (TB)

 

 

MGID

Name

2020,3,2021,1,abadi,1,aceh,2,adat,3,agraris,1,ahim abdurahim,1,air,1,air panas,1,air suci,2,air terjun,5,aksara suci,1,ala ayuning dewasa,1,alami,2,alas purwo,1,ambon,1,amerika serikat,3,Anak Agung Bagus Sutedja,2,aneh,1,anggara kasih,3,angin,1,angin kencang,1,angkringan,1,anjing,3,aplikasi pengingat terbaik,1,arak,1,arak bali,3,arca,1,arema fc,8,aremania,7,arjuna,1,arsitektur,3,art,18,art center,2,arti mimpi,55,artis,20,artis melukat,2,ary kencana,2,arya wedakarna,2,asta kosala kosali,4,aswatama,1,atma wedana,1,aura kasih,1,australia,4,awatara,4,babad pasek,1,babad tanah jawi,1,babi,2,babi guling,6,babi guling samsam,1,badung,68,bagus wirata,2,bahasa bali,1,bajra sandhi,1,baju hitam,1,bala,1,bali,1168,bali adnyana,1,bali aga,7,bali cliff glamping,1,bali di langkat,1,bali di luar,2,bali di sumatera utara,1,bali kuno,2,bali yang binal,1,balian,3,balinese,1,balinese food,11,bandara bali utara,2,bandara ngurah rai,2,Bandung,3,bangli,24,banjar tainsiat,1,banjir,6,banten,1,banten otonan,1,banten prayascita,1,bantuan,1,banyu pinaruh,1,banyuwangi,2,barack obama,1,basang-basang,1,batam,1,bayu kw,1,bbm,1,Bebai,3,Beji Langon,1,belanda,1,belgia,1,belitung,1,bencana,1,bencana alam,11,bendesa,1,bendungan titab,1,berhala,1,berita,137,berjualan,1,berlari,1,berlibur,1,bertengkar,1,besakih,5,bharatayudha,1,Bhatari Durga,1,bhisama,1,bhuta kala,2,bima,1,bima nata,1,binatang,1,biografi,2,bisnis,8,blt,1,bmkg,1,body painting,1,bogor,1,bom bali,1,bondres,1,Boya Sang Bima,1,brahma,1,Brahma Lelare,1,brerong,1,bri,10,BRI Liga 1,3,buah musim hujan,1,buang air besar,1,buang air kecil,1,buaya,1,buda wage,1,buda wage klawu,3,budaya,363,buddha,1,budha,1,bukit asah,1,buku,2,bulan,2,bulan di pejeng,1,bule,5,bule barbie,1,bule jerman,1,buleleng,65,bunuh diri,1,burung pipit,1,bus hantu,1,calonarang,1,canang sari,3,candi dieng,1,canggu,4,cara merawat rambut,1,cara sadap wa,1,cara temukan hp hilang,1,care bebek,2,caru,2,catetan dibi sande,1,Catur Bekel Dumadi,1,celuluk,1,cetik,5,china,1,chord,2,cina,2,cinta,1,ciri-ciri fake people,1,ciri-ciri manusia bertopeng,1,ciri-ciri manusia palsu,1,clekontong mas,1,Cleo,1,cok rat,1,corona,1,costume,1,covid-19,4,cpns,1,crazy rich,4,cristiano ronaldo,1,crypto,1,cuaca,1,cuing ped,1,Culture,11,cuntaka,1,Dalam Ingatan,1,dana punia,1,danau tamblingan,1,dang hyang niarta,1,Dang Hyang Nirartha,3,dangdut,1,daratan,1,dasa mala,2,dataran tinggi dieng,1,daun kelor,1,daun sirih,1,Death Knot,1,demam berdarah,1,demen pedidi,1,demo,1,denpasa,1,denpasar,136,desa adat,1,desa adat datah,1,desa akah,1,desa banyupoh,1,desa blimbingsari,1,desa buahan,1,desa cempaga,1,desa dapdap putih,1,desa jinengdalem,1,desa ketewel,1,desa manggis,1,desa menanga,1,desa munggu,1,desa nyanglan,1,desa nyuh tebel,1,desa penarukan,1,desa penatih dangin puri,1,desa punggul,1,desa selat,1,desa songan a,1,desa sudaji,1,desa tegal kertha,1,desa tembuku,1,desa tista,2,desa undisan,1,desa wisata,1,dewa 19,1,dewa made beratha,1,Dewan Perwakilan Rakyat-Gotong Royong,1,dewasa ayu,7,dewata nawa sanga,3,Dewi Sri,1,dharma wacana,1,dialog dini hari,1,digital,8,dikejar,1,dinasti warmadewa,2,dirjen Bimas Hindu,2,diskon,1,dlhk bali,1,doa,10,doa hindu,1,doa sehari-hari,3,dokter gigi,1,doktor,1,dosen isi,1,dpd ri,1,dprd,2,dprd bali,1,dprd kota denpasar,1,drama gong,3,dresta bali,1,drupadi,1,dubai,1,dungulan,1,duryodana,1,duryudana,1,emas,1,english news,7,Entrepreneurship,1,epos,2,erupsi gunung agung,2,event,8,fakta,1,fashion,1,feature,2,festival,2,film,5,filsafat,1,Fitur terbaru WhatsApp 2021,1,food,14,G20,4,gajah mada,2,galungan,16,gamang,1,gambelan,1,game,1,gamelan bali,1,gamia-gamana,2,gang poppies,1,ganjar pranowo,1,gaya hidup,1,gede ngurah ambara putra,2,gelgel,1,gempa,16,gempa bumi,15,gen z,6,gender wayang,2,generasi z,14,genta,1,gering,2,gering agung,1,gerubug,1,gianyar,55,gigi,1,gilang bhaskara,1,gitgit,1,glamping,4,glamping @ pebbles & fins,1,goa gajah,1,gorontalo,1,gregek tunggek,1,gregrek tunggek,1,gubernur bali,13,gulinten,1,Gung Dewi,1,gunung,1,gunung agung,10,gunung batur,2,gunung semeru,1,guru,1,hamil,3,hantu,5,happy salma,1,hari baik,4,hari raya,17,hari raya hindu sepanjang tahun 2023,1,hastinapura,2,herbal,6,hiburan,3,hidden gem,1,Hindu,504,hindu aceh,1,hindu aluk todolo,1,hindu bali,62,hindu dunia,2,hindu jawa,9,hindu jogja,1,hindu kaharingan,1,hindu kei,2,hindu ntt,1,hindu nusantara,11,hindu tamil,1,hindu tanimbar kei,1,hobby kerauhan,1,Holywings,1,hong kong,1,horor,4,hotel,2,how to,1,hujan,2,hukum,2,hukum dan kriminal,29,hutan,1,i gusti bagus oka,1,I Gusti Ngurah Alit Yudha,1,I Gusti Ngurah Rai,1,I Gusti Nyoman Lempad,1,i gusti putu martha,1,i nyoman ardika,1,I Nyoman Giri Prasta,2,i nyoman kenak,1,i nyoman wara,2,Ida Ayu Laksmi,1,ida bagus made arjawa,1,ida bagus mantra,3,ida bagus oka,1,Ida Bagus Putu Dunia,1,Ida Pedanda Gde Made Tembau,1,idol,1,idul fitri,1,ihdn denpasar,1,india,27,Indonesia,2,infotainment,1,inggris,1,ingkel,1,inna bali beach,1,inspirasi nama bayi,1,inspiratif,1,instalasi,1,internasional,1,international,11,investasi,1,Irjen Pol Teddy Minahasa,2,isi denpasar,6,islam,14,itihasa,1,jagatnatha,1,jakarta,2,janger malampahan,1,janin,1,jantung sehat,1,januari 2023,1,Jason Derulo,1,jawa,7,jawa barat,1,jawa timur,5,jegeg bulan,3,jembatan,1,jembatan kaca,1,jembrana,20,jepang,3,jerawat,1,jerman,1,jessica iskandar,1,JHub Art Space,1,job,1,jodoh,1,joged,2,joko widodo,5,Jokowi,4,jro jepang,1,jrx,1,judi online,1,jukung,1,Julia Roberts,1,jumat kliwon,1,Jumat Paing,1,jumat pon,1,jumat pon dukut,1,Jumat Umanis,1,jumat umanis klawu,1,jumat wage,1,jumat wage uye,1,kadek devi,1,kajeng kliwon,5,kala gotongan,1,kalender,1,kalender pawukon,1,kalimantan,1,kambing,1,kamis kliwon,1,kamis kliwon klawu,1,kamis paing,1,kamis paing dukut,1,kamis pon,1,kamis umanis,2,kamis wage,1,kampung bali,1,kampung bali bekasi,1,kapolda,2,Kapolres Malang,1,Kapten Japa,1,karang,1,karangasem,74,karate,1,karna,1,KB Bali,2,kebakaran,5,kebaya,1,kebo iwa,1,kecelakaan,3,kecelakaan pesawat,1,kecoak,1,kedux garage,1,kehilangan,1,kelapa muda,1,kelingking beach,1,keluarga berencana,1,kelurahan karangasem,1,kemakmuran,1,kemangmang,1,kematian,1,kembang rampe,1,kenangan,1,kencing,1,kepemimpinan,2,kepercayaan,4,kerajaan klungkung,2,kerajaan lamuri,1,kerajaan majapahit,1,keramas,1,kerauhan,2,kesanga,1,Kesehatan,13,kesehatan mental,1,kesiman,3,kesiman kertalangu,1,kesurupan,2,ketua dprd badung,1,ketua dprd gianyar,1,keturunan,1,ketut santosa,1,kintamani,3,kisah teman,1,kkb papua,2,kkn,4,klawu,3,klenik,3,klenteng,1,klub malam,1,klungkung,37,koin micin,1,komisi IV DPRD Kota Denpasar,1,korea selatan,1,koster,1,kpk,5,kresna,1,kriminal,22,kristen,1,krobokan,1,ktt g20,5,kucing,2,kuliner,26,kulit kusam,1,kulit pisang,1,kulkul,1,kuningan,3,kunjungan,1,kunti,1,kupang,1,kusamba,1,kuta,9,kwangen,1,laba-laba,1,labuan bajo,1,lagu bali,3,lahangan sweet,1,lampung,2,lansia,1,lawar,1,layang-layang,2,leak,7,ledakan gudang elpiji,1,leeyonk sinatra,1,lembu,1,lempuyang,1,liburan,1,lifestyle,36,liga 1 2022-2023,1,lingga yoni,1,lirik lagu,16,lirik lagu tuak jakedanill,1,lis,1,lng,1,lombok,5,longsor,1,lontar,176,lontar carcan wong,1,lontar palelindon,1,lontar sundarigama,3,lowongan kerja,1,LPD Kedonganan,1,Lubdaka,1,luhut binsar pandjaitan,1,lukisan,4,lulut,3,lulut emas,1,lumajang,4,made mangku pastika,1,Maestro seni rupa Bali,1,magazine,1,magedong-gedongan,1,magis,3,Mahabharata,46,mahalini raharja,1,mahameru,1,maharani kemala,1,mahasabha luar biasa PHDI,1,majapahit,5,makanan diabetes,1,makanan halal,1,makna dupa,1,malang,4,malas,1,mancing,1,mandalika,1,mandi,2,mang gita,1,mangga,1,mantan pacar,1,mantra,15,mantra bangun pagi,1,mantra cuci muka,1,mantra gosok gigi,1,mantra hindu,4,mantra sebelum tidur,1,mantra sehari-hari,1,marco wisesa,1,marmar herayukti,1,masjid tuha indrapuri,1,materi agama hindu,2,materi pelajaran,2,mawar,1,medan,3,media sosial,2,medis,1,melik,3,melik adnyana,1,melik durga,1,Melukat,16,memedi,1,memotong kuku,1,men weti sanur,1,menangis,1,mendaki,1,mengwi,1,menikah,2,meninggal,2,Menko Marves,1,menteri,2,menteri agama,1,menteri dari bali,2,merajan,1,merakih,1,merdeka,1,mertasari,1,militer,1,mimpi,2,mimpi membuat rumah,1,minggu kliwon,1,minggu pon,1,minggu pon dukut,1,minggu wage,1,Miss Indonesia 2022,1,misteri,20,mistik,87,mistis,98,mitologi dewa,4,mitos,5,mma,1,model,1,monez,1,morelia,1,Motifora,1,motor,1,ms glow,2,music,3,musik,39,musisi,13,nagasepaha,1,nangka muda,1,Nanoe Biroe,2,narkoba,1,nasib,2,nasional,28,natah,1,natya river sidemen,1,nekara,1,nelayan,1,neraka,1,New York Fashion Week,1,news,7,ngaben,14,ngaben tikus,1,ngejot,1,ngelawang,1,ngerebong,1,ngusaba ageng,1,ngusaba nini,1,nosstress,1,ntt,2,Nusa Dua,4,nusa lembongan,1,Nusa Penida,7,nusantara,3,nyama selam,1,Nyampingang Tulang,1,nyentana,1,nyepi,14,obama,1,obat alami kecoak,1,odalan,6,odgj,1,ogoh-ogoh,8,olahraga,5,ongkara,1,otonan,1,padang,1,padewasan,3,pagerwesi,1,pahlawan,3,pajajaran,1,pal sri sedana,2,palawakya,1,palu,1,pameran,3,panca dasa pramiteng prabhu,1,panca sembah,1,pancawara,1,pandawa,2,pandu,1,pangerupukan,5,pangiwa,1,pantai,5,pantai amed,1,Pantai di Bali,1,Pantai Geger,2,pantai kelingking,1,pantai kuta,2,Pantai Melasti,1,Pantai Padang Padang,1,pantai sanur,1,panti asuhan,1,papua,5,papua selatan,1,Partai Golkar,1,pasar badung,2,paskibraka,3,pasraman,1,patung,2,patung bayi Sakah,1,pawang hujan,2,pdam denpasar,2,pdi perjuangan,2,pecinan,1,pedofilia,1,pegayaman,1,pekerjaan,1,pelinggih,1,pemacekan agung,2,pemangku,1,pemaridan guru,2,pemilu 2024,1,penamaan,1,penampahan,2,pencurian,1,pendeta,1,pendidikan,1,pendidikan agama hindu,2,penggak men mersi,1,penginapan,2,pengobatan,22,penjor,4,penjor galungan,1,penulis,1,penyajaan,1,penyakit,2,penyu,1,penyucian,1,perajin,1,perdana menteri,1,pergerakan,1,peristiwa,25,perkawinan sedarah,1,pernikahan,6,peruntungan,2,pesta kesenian bali,23,pesugihan,1,petir,1,petruk,1,phdi,5,phdi Bali,7,PHDI Pusat,2,PI Bedugul,1,pica fest,1,piodalan,1,pis bolong,4,pisau,1,pitara,1,pitra yadnya,2,PKB,19,pkb2022,1,PMI,1,pns,1,pohon keramat,2,polda bali,1,poligami,1,polisi,3,polisi ditusuk di denpasar,1,politikus,2,politisi,1,Polresta Denpasar,2,polsek kuta,1,ponsel,1,pop bali,1,ppkm,1,presiden,1,prestasi,1,primbon,101,primbon bali,45,produk,1,puan maharani,2,puisi berbahasa bali,1,puja tri sandya,1,pulaki,1,pulau menjangan,1,pulet-pulet,1,pupuh,1,pupuh sinom,1,pura,42,pura agung amerta bhuana,1,pura agung blambangan,1,pura agung giri segara,1,pura agung raksa bhuana,1,pura agung surya bhuvana,1,pura agung wana kertha jagatnatha,1,pura andakasa,1,pura batu kursi,1,pura batukaru,1,pura besakih,7,pura candi narmada,1,pura candi pamekasan,1,pura dalem puri besakih,1,pura di jawa,1,pura duta dharma,1,pura esah,1,pura gelap,2,pura giri semeru agung,1,pura girinatha,1,pura goa lawah,1,Pura Goa Pageh,1,pura goa raja,1,pura jagatnatha,2,pura kentel gumi,1,pura kerti bhuana,1,pura lempuyang luhur,2,pura lingsar,1,pura luhur uluwatu,2,pura mandara giri semeru agung,2,pura mekah,1,pura melanting,1,pura meru,1,pura ponjok batu,1,pura pucak penulisan,1,pura pulaki,1,pura puncak penulisan,1,pura punduk dawa,1,pura samuan tiga,1,pura satria bhuana,1,pura satya loka arcana,1,pura segara rupek,1,pura silayukti,1,pura siwa stana giri,1,pura taman ayun,1,Pura Taman Beji Griya Gede Manuaba,1,pura tanah lot,1,pura tirta empul,1,pura tirta mangening,1,pura tirta pingit,1,pura tirta yeh sah,1,pura tumpa,1,pura ulun danu beratan,1,pura watu klotok,1,pura wira satya dharma,1,puri agung klungkung,1,puri pemecutan,1,puri ubud,1,purnama,5,purnama kalima,1,purnama kapat,1,purnama mala sadha,1,puteri indonesia,3,qris,1,rabu pahing,1,rabu pon,1,rabu umanis,1,rabu umanis dukut,1,rabu wage,1,rafting,1,rahina bali,1,raja bali,2,raja bangli,2,raja bharata,1,raja gianyar,1,raja klungkung,1,raja kuru,1,ralaman,1,ramalan,146,ramayana,3,rambut sehat,1,rangda,2,rangda tiba,1,rarung,1,ray peni,1,rejang,1,rejang renteng,1,rejeki,2,rekor muri,1,reportase,3,rerahinan,21,restoran,2,rezeki,1,riau,1,ridwan kamil,1,rinjani,1,ritus,1,rizky febian,1,rocktober,1,Roga Sanghara Bumi,1,roktober,1,rs darmo,1,rsi markandeya,1,rsj bangli,2,rsud wangaya,1,rsup sanglah,2,rujak,1,rumah,1,rutinitas,1,sabtu kliwon,1,sabtu paing klawu,1,sabtu paing ukir,1,Sabtu Umanis,2,sabtu wage,1,sabuh mas,1,sad atatayi,1,sad kahyangan,1,saiban,1,saka 1942,1,sakit gila,1,sakti,1,salon,1,samson bali,1,Sang Hyang Jaran,2,sang kulputih,2,sanggar santhi budaya,1,santet,2,santi,1,sanur,22,sanur village festival,8,sapi,2,sapta timira,1,Sapuh Leger,2,saput poleng,1,saraswati,7,sasih,1,sastra,1,sate lilit,1,satpam pdam,1,sawah,1,sayan,1,sebel,1,segehan,1,sejarah,194,sejarah bali,41,sejarah desa,48,sejarah gunung agung,1,sejarah hindu,4,sejarah pura,63,seksualitas,1,selak,1,selasa kliwon,1,selasa kliwon dukut,1,selasa paing,1,selasa pon,1,selasa pon klawu,1,seleb,1,selingan,1,selingkuh,1,semarang,1,semeru,3,semut sedulur,1,sengap,1,sengkuni,2,seni,62,seniman,9,Senin Kliwon,1,senin paing,1,senin paing klawu,1,Senin Pon,1,senin wage,1,senin wage dukut,1,senjata,1,sepak bola,9,seraya,1,seraya timur,1,serombotan,1,setra badung,1,siat tipat,1,siat yeh,1,sid,2,singaraja,1,sisi lain,84,situs hindu,1,siwa,3,siwaratri,5,sman bali mandara,1,SMPN 13 Denpasar,1,smpn 5 denpasar,3,sniper,1,soekarmen,1,soekarno,3,soma ribek,1,sosok,104,sosrobahu,1,sport,8,stadion kanjuruhan,1,street art,1,suara saking bali,1,sudhi wadani,2,sugihan bali,1,sugihan jawa,1,suku,2,sulawesi tengah,1,sulawesi utara,1,suling,1,sulinggih,12,sultan,1,sumatera,1,sumatera barat,1,sumur,1,sunda kecil,1,Sundari Dewi,1,sungai ayung,1,sunrise,1,sunset,1,surabaya,2,surya kanta,1,suwat,2,tabanan,32,tahun baru 2022,1,tahun baru saka,1,taksu poleng,1,taledan,1,taman penasar,1,tanah,2,tanah longsor,4,tanah lot,1,tanda hp terserang malware,1,tanimbar kei,1,tari,3,tari kreasi,1,tari rejang renteng,1,tata krama,1,tawur,1,Teknologi,11,tenganan,2,tenggelam,1,tenung,19,terbang,1,terjatuh,1,terminal LNG,8,teroris,1,Terry Palmer Hotelier,1,terunyan,2,thailand,1,tiara dewata,1,tika pagraky,2,tilem,5,tingkatan leak,1,tinju,1,tips,1,tirta,2,tirta empul,4,titi buwuk,1,tni,3,tni ad,1,tokek,1,tokoh,120,tonya,1,toraja,1,tradisi,7,tradisional,6,tragedi Kanjuruhan,1,travel,9,Tresna Nyama,1,Tri Handoko Seto,1,tri sandya,2,trunyan,1,tsunami,1,tuan miura djo,1,tugu tiga,1,tuhan,1,tukad ayung,3,tukad badung,2,tukad bindu,1,tukad loloan,1,tukad oongan,1,tukad unda,1,tukad yeh ho,1,tulamben,1,tumbal,1,tumpek,2,tumpek kandang,1,tumpek krulut,1,tumpek landep,1,tumpek wariga,2,tumpek wayang,2,tuselak,1,tutorial,3,uang kepeng,1,ubud,16,ubud foof festival,1,udeng merah,1,ugu,2,uhn igb sugriwa,2,ujian,1,ulah pati,5,ular,4,uma,1,umkm,1,uncal balung,1,uni emirat arab,1,unik,13,universitas gajah mada,1,universitas indonesia,2,universitas udayana,1,unud,4,unuk,1,upakara,4,usada,1,usada buduh,1,usadha,9,vaksinasi Covid-19,2,vandalisme,1,veteran,1,video,1,viral,32,visiting bali,1,wakil gubernur bali,1,walhi bali,7,wanita,1,wariga,138,wariga meteor,1,warisan,1,warung mak beng,1,warung pengkolan,1,was penganten,1,watak,2,watek,1,wayan koster,7,Wayang,8,wbtb,1,weda,1,wewaran,3,whatsapp,3,whdi,1,wilio,1,wira krisna,2,wiracarita,10,wisata,77,wna,1,wuku,5,wuku bala,1,wuku dukut,7,wuku klawu,2,wuku Watugunung,4,wuku wayang,3,yadnya,2,yadnya sesa,2,Yan Srikandi,1,yeh labuh,2,yong sagita,1,zodiac,2,zodiak,18,
ltr
item
TelusurBali.com: 12 Pura Ini Ada di Dalam Goa, Sudah Pernah ke Sini?
12 Pura Ini Ada di Dalam Goa, Sudah Pernah ke Sini?
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgW36wIdL39PgzLLlNPkbdbjtMvkyEguFJqagSLgkgKRmnMXAGqiNAJNPTLetEQseFD8PB1f5evdBCBZ9Vni3m6ZPa12QzseFd36WtM-gKTcvM8t8VTsBBDyHZE80ozec0Qc2_6KY4UzT9qK7ZzDClsGlUnMEBWyPz6RteEmPBZ1_58iHuRJUGiowVT=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgW36wIdL39PgzLLlNPkbdbjtMvkyEguFJqagSLgkgKRmnMXAGqiNAJNPTLetEQseFD8PB1f5evdBCBZ9Vni3m6ZPa12QzseFd36WtM-gKTcvM8t8VTsBBDyHZE80ozec0Qc2_6KY4UzT9qK7ZzDClsGlUnMEBWyPz6RteEmPBZ1_58iHuRJUGiowVT=s72-c
TelusurBali.com
https://www.telusurbali.com/2021/11/12-pura-ini-ada-di-dalam-goa-sudah.html
https://www.telusurbali.com/
https://www.telusurbali.com/
https://www.telusurbali.com/2021/11/12-pura-ini-ada-di-dalam-goa-sudah.html
true
4771231865681501597
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content