--> Ini 6 Spiritualis Muda dari Bali, Ada yang Memiliki Kekuatan Gaib Sejak Umur 4 Tahun hingga Ada yang Didatangi Sosok Mirip Jogor Manik | TelusurBali.com

Ini 6 Spiritualis Muda dari Bali, Ada yang Memiliki Kekuatan Gaib Sejak Umur 4 Tahun hingga Ada yang Didatangi Sosok Mirip Jogor Manik

Jro Alit Baba/ Ist. Selain menjadi destinasi wisata, Bali juga dikenal dengan hal-hal yang bersifat spiritual. Bahkan belakangan, dunia sp...

Jro Alit Baba/ Ist.

Selain menjadi destinasi wisata, Bali juga dikenal dengan hal-hal yang bersifat spiritual. Bahkan belakangan, dunia spiritual di Bali semakin digandrungi. Pelaku spiritualis tak hanya di kalangan yang sudah berumur, namun juga ada pelaku spiritualis muda.

Banyak dari spiritualis muda ini memiliki pengalaman mistis sebelum terjun ke dunia spiritual. Dirangkum dari berbagai sumber, setidaknya terdapat 6 spiritualis muda bahkan masih anak-anak di Bali.

1. Jro Dasaran Alit

Jika anda merupakan pengikut dari akun instagram @motivasi_dwi, dipastikan anda akan tahu siapa spiritualis muda ini. Ia adalah Jro Dasaran Alit dan memiliki nama asli Kadek Dwi Arnata. Diketahui saat ini, Jro Dasaran Alit masih kuliah di UHN IGB Sugriwa atau yang dulu dikenal dengan IHDN Denpasar.

Pemuda yang berasal dari Desa Pandak Gede,Tabanan, Bali ini sering membagikan kata-kata motivasi di akun media sosialnya. Diketahui, jika ia lahir di Jembrana saat orangtuanya merantau ke kabupaten yang berada di ujung barat Pulau Bali tersebut.

Adapun perjalanan Jro Dasaran Alit menjadi spiritualis dimulai dari TK. Dimana, saat itu ia mengalami sakit-sakitan hingga lumpuh. Pada suatu hari, tiba-tiba ada Orang Dengan Gangguan Jiwa atau ODGJ datang ke rumahnya dan ODGJ itu mengaku bisa menyembuhkan sakitnya. ODGJ tersebut membawa sabun cair dan mengoleskan ke tubuhnya. Setelah ODGJ tersebut pergi seketika ia pun sembuh.

Setelah memohon petunjuk kepada orang pintar, diketahui bahwa ODGJ tersebut adalah utusan leluhurnya dan meminta Jro Dasaran Alit untuk menekuni dunia spiritual. Sejak saat itu ia mulai menekuni dunia spiritual. Dirinya pun mulai menekuni usadha atau pengobatan tradisional saat duduk di kelas 1 SD. Awalnya ada orang memiliki sakit non medis datang, kemudian saat disentuhnya orang tersebut, secara ajaib orang tersebut sembuh dari sakitnya.

Dari sejak itulah kemampuan Jro Dasaran Alit menyebar dari mulut ke mulut sehingga banyak yang datang ke padanya. Seiring berjalannya waktu, kemampuan Jro Dasaran Alit mulai meningkat seperti mulai bisa melihat makhluk gaib, berteman dengan makhluk gaib tersebut dan memiliki kemampuan untuk nedunang baos atau memohon petunjuk atas suatu masalah kepada leluhur atau para dewa.

Dalam menekuni dunia spiritual, dirinya dituntun oleh seorang sulinggih di Desa Abian Base untuk membuka wawasannya mengenai beberapa pengetahuan di dunia spiritual. Kini dirinya pun aktif di media sosial seperti instagram motivasi dwi, maupun facebook Dasaran Alit untuk membagikan motivasi dan juga kegiatannya saat muput upacara. Ia juga memiliki akun youtube Dasaran Alit.

2. Ida Ratu Shri Bhagawan Nade Mas Dalem Segara

Ida Mas Dalem Segara atau yang memiliki gelar lengkap Ida Ratu Shri Bhagawan Nade Mas Dalem Segara sebagaimana yang ditulis di akun instragram Griya Mas Dalem Segara, merupakan sulinggih termuda di Bali yang mediksa pada usia 23 tahun. Ida menjalani upacara diksa pada Maret 2018. 

Sebelum menjadi sulinggih, nama welakanya adalah Putu Andika Putra. Ida berasal dari Mengwi. Saat ini Griyanya yakni Griya Mas Dalem Segara berlokasi di Banjar Negara, Desa Sading, Kecamatan Mengwi, Badung. Dikutip dari Nusa Bali, Ida sudah melik sejak kecil dan mampu melihat sosok-sosok yang tidak kasat mata. Termasuk bisa mengingat dan merasakan proses bagaimana dia dilahirkan.

Ida lahir 24 Oktober 1994 bersekolah di SD 3 Saraswati Denpasar melanjutkan ke SMP 1 Saraswati Denpasar, dan SMA Santo Yoseph Denpasar. Menurut pengakuan Ida yang dikutif dari Nusa Bali, Ida sempat sakit hingga mati suri. Beberapa bagian tubuhnya seperti mata, telinga, dan hidung sampai mengeluarkan darah. Ida Mas Dalem Segara pun dirujuk ke rumah sakit untuk menjalani perawatan intensif, dengan ditangani 4 dokter.

Namun, dokter yang menanganinya tidak bisa mendiagnose penyakit apa yang diderita Ida Mas Dalem Segara. Selama dirawat di rumah sakit Ida mengaku didatangi sosok yang digambarkan mirip Ida Batara Jogor Manik, yang ingin mencabut nyawanya setiap malam. Ida Mas Dalem Segara juga sempat berkomunikasi dengan sosok Ida Batara Jogor Manik tersebut. Dalam komunikasi tersebut, Ida meminta waktu tetap hidup agar bisa ngayah melayani umat dan meninggalkan kesan yang baik.

Saat berumur 18 tahun, Ida ngayah di Griya Anyar Tanah Kilap, menjadi pemangku hingga usianya menginjak 22 tahun. Setelah ngayah Ida mulai memahami diri dan siapa yang disungsungnya. Ida Mas Dalem Segara nyungsung Pelawatan Ratu Ayu pada saat itu. Saat usia 23 tahun pada 2017 ida menikah dan dikaruniai seorang putra. Setelah menikah dan memiliki anak, Ida menjadi Jro Gede selama 6 bulan, sebelum akhirnya didiksa oleh Ida Pandita Mpu Nabe Giri Natha, sulinggih dari Griya Gede Penida, Bangli. 

Ida pun menuturkan, gelar Ida Mas Dalem Segara memiliki makna, Mas berarti kemakmuran, Dalem berarti semua perilaku atau pikiran datangnya dari hati dan Segara bermakna di mana pun seseorang berada di Bali, pasti selalu dikelilingi oleh segara/laut sebagai simbol pembersihan. Sehingga menurut ida, arti nama tersebut secara keseluruhan adalah ketika seseorang ingin menjadi mas atau bersinar, semua itu ada dalam diri, melalui proses-proses pelukatan atau pembersihan terlebih dulu. 

3. Anak Agung Gede Agung Erlangga Jelantik

Dilansir dari bali.idntimes.com, Anak Agung Gede Agung Erlangga Jelantik atau yang akrab dipanggil Erlangga adalah sosok anak muda kelahiran Puri Karangasem yang saat ini terjun dalam dunia spiritual. Erlangga mengetahui kalau dirinya memiliki kemampuan spiritual sejak duduk di bangku SMA.

Hal ini bermula saat dirinya sering melihat makhluk-makhluk gaib, dan saat kuliah ia sering memiliki perilaku yang kurang baik seperti bolos, mengamuk dan sempat divonis skizofrenia karena seringnya berperilaku tidak semestinya. Orang tuanya pun mengajak Erlanga untuk menjalankan beberapa ritual agar ia bisa tenang kembali.

Salah satu ritual adalah mengajak Erlangga untuk ke tempat kakeknya di Lombok, tepatnya Puri Pamotan Cakra, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Erlangga yang juga merupakan salah satu keturunan Raja Mataram di Lombok ini kemudian diberikan suatu obat oleh kakeknya. Setelah meminum obat tersebut, Erlangga secara perlahan mulai sembuh dan bisa mengendalikan kemampuan spiritual yang ia miliki.

Ia kemudian mendapat pawisik dari leluhurnya almarhum Anak Agung Barayangwangsa yang merupakan Raja di Lombok dari Puri Pamotan Cakra. Leluhurnya yang sering ia sebut dengan nama Gung Kompyang tersebut memintanya agar mengabdi atau ngayah secara tulus ikhlas untuk membantu warga yang memiliki masalah spiritual.

Hingga saat ini, Erlangga sering membantu warga yang memiliki masalah spiritual seperti terkena ilmu hitam, memiliki hari kelahiran yang kurang baik dan lain-lainnya. Uniknya, Erlangga tidak pernah meminta bayaran saat ia membantu warga tersebut.

4. Jro Bayu

Jro Bayu merupakan anak dari balian jaman now Jro Putu Robinson yang viral di media sosial. Ia memiliki nama asli Kadek Bayu Desta Ariadana. Dirinya terkenal karena memiliki teknik pengobatan tradisional atau usadha yang dilakukan secara online atau jarak jauh. 

Dilansir dari Tribun Bali, ia diketahui menekuni dunia spiritual sejak masih SMP yang berawal dari pawisik dan mimpi. Sejak SD dirinya mengaku sering bermimpi ditimpa batu besar, lalu dilanda air blabar sampai dikelilingi api membara. Tetapi di setiap mimpi itu, selalu ada sosok pendeta berbusana putih dan Dewa Hanoman yang menyelamatkannya dari marabahaya.

Selain melakukan pengobatan tradisional dengan bertemu langsung, ia juga kerap melalukan hal tersebut secara jarak jauh dengan sarana HP. Dengan sambungan panggilan video, ia mengirimkan energi spiritualnya untuk menyembuhkan pasien tersebut.

Pasien-pasien Jro Bayu banyak yang berasal dari luar Bali bahkan dari mancanegara. Dalam pengobatan jarak jauhnya ini ia menggunakan saran dupa, bunga, minyak, dan air. Jika di lokasi pasien sulit mendapatkan sarana ini, bisa diganti dengan sarana lain, misal dupa bisa diganti dengan rokok, dan bunga bisa diganti dengan daun.

Selain menekuni jalan spiritual, ia juga seorang instruktur gym di Kota Denpasar. Ia bisa ditemui di akun instagramnya @bayu_ivanders.

5. Jro Alit Baba

Jro Alit Baba adalah penekun spiritual cilik. Ia memiliki nama lengkap I Ketut Baba Brahwissiva. Dilansir dari Bali Express, Jro Alit Baba sudah ngiring sejak usianya yang baru menginjak 4 tahun. Sosoknya mulai dikenal setelah video Jro Alit Baba yang sedang menarikan beredar di media sosial.

Sang ibu yang bernama Desi Erlianti, menceritakan, bahwa sejak berumur 4 tahun, anaknya memang sudah menampakkan gerak gerik aneh  karena bisa melihat dunia lain. Hal itu terlihat saat ia bermain dan sering kali tertawa sendiri. Bahkan, pernah suatu ketika

Jro Alit Baba bermain cilukba sendiri, namun saat ditanya dirinya menunjuk foto

almarhum ayah Desi alias kakek Jro Alit Baba sendiri.

Sejak masuk TK, Jro Alit semakin menunjukkan hal aneh, diantaranya sering menghilang dari rumah sepulang sekolah. Ketika ditanya, Jro Alit mengaku pergi ke Lapangan Puputan Badung untuk bermain bersama teman-temannya. Bahkan, Jro Alit bisa menyebutkan nama-nama temanya tersebut. Namun, Desi tak pernah melihat teman-teman yang dimaksud Jro Alit tersebut.

Tak hanya itu, Jro Alit selalu menyebut nama Dewa Siwa dan menggambarnya, baik di

buku maupun di tembok rumahnya. Padahal, ia belum pernah mengenalkan nama Dewa

Siwa atau bahkan memperlihatkan gambar Dewa Siwa.

Sementara dilansir dari bali.idntimes.com, diketahui jika Jro Alit Baba mendapatkan kekuatan spiritual tersebut dari almarhum ayahnya yang memang penekun spiritual beraliran Bhairawa dari Lombok.

Jro Alit Baba sejak lahir telah memiliki tanda-tanda kalau ia memiliki kemampuan spiritual. Seperti sering melihat dan berteman dengan mahkluk gaib, sering kesurupan di sekolahnya, dan menghilang ketika pelajaran sekolah berlangsung.

Jro Alit Baba mendapatkan kemampuan pengobatan tradisional atau usadha ini secara turun temurun dari kakek dan ayahnya, yang memang merupakan tokoh usadha terkenal dari Lombok. Awalnya, secara tidak sengaja ia diminta bantuan oleh seorang warga yang terkena sakit akibat ilmu hitam. Ia berhasil menyembuhkannya. Informasi ini mulai menyebar dari mulut ke mulut.

Jro Alit Baba tidak memiliki guru khusus dalam menekuni dunia spiritual. Ia hanya sering melakukan diskusi bersama praktisi-praktisi spiritual yang lebih dahulu menekuni dunia ini.

6. Queen Athena

Queen Athena dikenal sebagai perempuan yang memiliki banyak spirit doll atau boneka arwah. Queen Athena merupakan perempuan indigo asal Malang, Jawa Timur, yang kini menetap di Jimbaran, Bali. Dilansir dari CNN Indonesia, Sejak dua tahun lalu, Queen mengaku telah mengoleksi spirit doll, di mana saat ini jumlahnya telah mencapai 70 boneka.

Perempuan 31 tahun itu mengklaim boneka-boneka yang ia koleksi memang berisi arwah, namun tidak terikat. Para arwah itu disebut bisa pergi bila memang sudah waktunya untuk reinkarnasi sesuai keyakinannya. Ia mengaku tidak memiliki ritual khusus seperti yang disebut-sebut di media sosial. Semua boneka arwah itu, disebutnya, murni hanya ia jaga.

Terlepas dari hal itu, Queen tak menampik bahwa 'mengasuh' spirit doll atau boneka arwah memiliki tantangan tersendiri. Pasalnya, dia kerap menerima cibiran dan penilaian negatif dari orang-orang di sekitar. Ia menceritakan sejak kecil sudah bisa melihat penampakan mahkluk gaib. Saat masih duduk di bangku SMP, ia baru menyadari sosok yang sering ia lihat dan diajak bermain adalah sosok makhluk gaib. 

Queen mulai tertarik pada boneka arwah ini mulai tahun 2005 dan mulai mengkoleksi pada 2019. Sementara untuk perawatan boneka-bonekanya itu, ia mengaku tidak terlalu sulit. Selain memandikan dan menggantikan baju, Queen juga menyisir rambut boneka-bonekanya itu. Bahkan, Queen memberikan susu dan jajan untuk boneka koleksinya. (TB)



 

MGID

Name

2020,3,2021,1,abadi,1,aceh,1,adat,3,agraris,1,air,1,air suci,2,air terjun,2,alami,2,alas purwo,1,amerika serikat,3,aneh,1,anggara kasih,3,angkringan,1,anjing,3,aplikasi pengingat terbaik,1,arak,1,arak bali,2,arca,1,arema fc,8,aremania,7,arsitektur,3,art,18,arti mimpi,7,artis,19,artis melukat,2,ary kencana,2,aswatama,1,atma wedana,1,aura kasih,1,australia,4,awatara,4,babad pasek,1,babad tanah jawi,1,babi,1,babi guling,4,babi guling samsam,1,badung,57,bala,1,bali,952,bali adnyana,1,bali aga,7,bali di langkat,1,bali di luar,2,bali di sumatera utara,1,bali kuno,1,bali yang binal,1,balian,2,balinese food,11,bandara bali utara,2,bandara ngurah rai,2,bangli,18,banjir,5,banten,1,banten otonan,1,bantuan,1,banyu pinaruh,1,banyuwangi,1,barack obama,1,bbm,1,Bebai,2,Beji Langon,1,belgia,1,belitung,1,bencana,1,bencana alam,10,bendesa,1,berhala,1,berita,131,besakih,3,bharatayudha,1,Bhatari Durga,1,bhisama,1,bhuta kala,1,binatang,1,biografi,2,bisnis,6,blt,1,bmkg,1,body painting,1,bom bali,1,Boya Sang Bima,1,brahma,1,Brahma Lelare,1,BRI Liga 1,3,buah musim hujan,1,buda wage,1,buda wage klawu,1,budaya,222,budha,1,buku,1,bulan,1,bulan di pejeng,1,bule,4,buleleng,53,bunuh diri,1,burung pipit,1,calonarang,1,canang sari,2,candi dieng,1,canggu,3,cara merawat rambut,1,cara sadap wa,1,cara temukan hp hilang,1,care bebek,2,caru,1,catetan dibi sande,1,Catur Bekel Dumadi,1,cetik,4,china,1,cina,2,cinta,1,ciri-ciri fake people,1,ciri-ciri manusia bertopeng,1,ciri-ciri manusia palsu,1,corona,1,costume,1,covid-19,4,cpns,1,crazy rich,3,cristiano ronaldo,1,crypto,1,cuaca,1,Culture,11,Dalam Ingatan,1,dana punia,1,Dang Hyang Nirartha,2,dangdut,1,daratan,1,dataran tinggi dieng,1,daun kelor,1,daun sirih,1,Death Knot,1,demam berdarah,1,demo,1,denpasa,1,denpasar,118,desa adat,1,desa jinengdalem,1,desa manggis,1,desa munggu,1,desa nyanglan,1,desa sudaji,1,desa undisan,1,desa wisata,1,dewa 19,1,dewasa ayu,5,dewata nawa sanga,1,Dewi Sri,1,dharma wacana,1,dialog dini hari,1,digital,7,dinasti warmadewa,1,dirjen Bimas Hindu,2,diskon,1,doa,4,doa sehari-hari,2,dokter gigi,1,doktor,1,dosen isi,1,dprd,2,dprd kota denpasar,1,drama gong,2,dresta bali,1,drupadi,1,dubai,1,duryodana,1,duryudana,1,epos,2,erupsi gunung agung,2,event,8,fakta,1,feature,2,festival,2,film,5,filsafat,1,Fitur terbaru WhatsApp 2021,1,food,14,G20,4,gajah mada,1,galungan,13,gambelan,1,game,1,gamelan bali,1,gang poppies,1,ganjar pranowo,1,gelgel,1,gempa,16,gempa bumi,14,genta,1,gering,2,gering agung,1,gerubug,1,gianyar,46,gilang bhaskara,1,gitgit,1,gubernur bali,4,gulinten,1,Gung Dewi,1,gunung agung,9,gunung batur,2,guru,1,hamil,1,happy salma,1,hari baik,3,hari raya,14,hari raya hindu sepanjang tahun 2023,1,hastinapura,1,herbal,6,hiburan,2,Hindu,387,hindu aceh,1,hindu aluk todolo,1,hindu bali,62,hindu dunia,2,hindu jawa,8,hindu jogja,1,hindu kaharingan,1,hindu kei,2,hindu ntt,1,hindu nusantara,11,hindu tamil,1,hindu tanimbar kei,1,hobby kerauhan,1,Holywings,1,horor,1,hotel,1,how to,1,hujan,1,hukum,2,hukum dan kriminal,29,hutan,1,i nyoman wara,2,Ida Ayu Laksmi,1,Ida Bagus Putu Dunia,1,idol,1,ihdn denpasar,1,india,26,Indonesia,2,infotainment,1,inggris,1,inna bali beach,1,inspirasi nama bayi,1,inspiratif,1,instalasi,1,internasional,1,international,11,Irjen Pol Teddy Minahasa,2,isi denpasar,6,islam,14,itihasa,1,jagatnatha,1,jakarta,1,janin,1,jantung sehat,1,Jason Derulo,1,jawa,7,jawa barat,1,jawa timur,2,jegeg bulan,2,jembatan kaca,1,jembrana,18,jepang,3,jerawat,1,jerman,1,jessica iskandar,1,job,1,jodoh,1,joged,1,joko widodo,5,Jokowi,4,jrx,1,judi online,1,jukung,1,Julia Roberts,1,jumat kliwon,1,Jumat Paing,1,jumat pon,1,Jumat Umanis,1,jumat wage,1,jumat wage uye,1,kadek devi,1,kajeng kliwon,4,kalender,1,kamis kliwon,1,kamis paing,1,kamis pon,1,kamis umanis,1,kamis wage,1,kampung bali,1,kampung bali bekasi,1,kapolda,2,Kapolres Malang,1,Kapten Japa,1,karangasem,52,karna,1,KB Bali,2,kebakaran,4,kebaya,1,kebo iwa,1,kecelakaan,3,kecelakaan pesawat,1,kecoak,1,keluarga berencana,1,kemakmuran,1,kematian,1,kembang rampe,1,kenangan,1,kepemimpinan,1,kepercayaan,4,kerajaan klungkung,2,kerauhan,2,kesanga,1,Kesehatan,13,kesiman,3,kesiman kertalangu,1,kesurupan,2,ketua dprd badung,1,ketua dprd gianyar,1,keturunan,1,ketut santosa,1,kintamani,1,kkb papua,2,kkn,4,klawu,3,klenik,3,klenteng,1,klungkung,29,koin micin,1,komisi IV DPRD Kota Denpasar,1,korea selatan,1,koster,1,kpk,5,kriminal,22,kristen,1,krobokan,1,ktt g20,5,kucing,1,kuliner,21,kulit pisang,1,kulkul,1,kuningan,2,kunti,1,kupang,1,kusamba,1,kuta,8,lagu bali,3,lahangan sweet,1,lampung,1,lansia,1,lawar,1,layang-layang,2,leak,5,leeyonk sinatra,1,lembu,1,lempuyang,1,liburan,1,lifestyle,20,liga 1 2022-2023,1,lingga yoni,1,lirik lagu,10,lirik lagu tuak jakedanill,1,lng,1,lombok,2,longsor,1,lontar,172,lontar carcan wong,1,lowongan kerja,1,LPD Kedonganan,1,Lubdaka,1,lukisan,4,lulut,3,lumajang,2,magis,3,Mahabharata,44,mahasabha luar biasa PHDI,1,majapahit,4,makanan diabetes,1,makna dupa,1,malang,4,mancing,1,mandalika,1,mangga,1,mantra,9,mantra bangun pagi,1,mantra cuci muka,1,mantra gosok gigi,1,mantra hindu,4,mantra sebelum tidur,1,mantra sehari-hari,1,marco wisesa,1,materi agama hindu,2,materi pelajaran,2,mawar,1,medan,1,media sosial,1,medis,1,Melukat,12,mengwi,1,menikah,1,menteri,2,menteri agama,1,menteri dari bali,2,merajan,1,merakih,1,merdeka,1,mertasari,1,militer,1,mimpi,2,minggu kliwon,1,minggu pon,1,minggu wage,1,Miss Indonesia 2022,1,misteri,18,mistik,65,mistis,74,mitologi dewa,4,mitos,5,mma,1,model,1,morelia,1,Motifora,1,motor,1,ms glow,1,music,1,musik,31,musisi,13,nagasepaha,1,nangka muda,1,Nanoe Biroe,2,narkoba,1,nasib,2,nasional,28,natah,1,nekara,1,nelayan,1,neraka,1,ngaben,14,ngaben tikus,1,ngejot,1,ngelawang,1,ngerebong,1,ngusaba nini,1,ntt,2,Nusa Dua,3,nusa lembongan,1,Nusa Penida,5,nusantara,3,nyama selam,1,Nyampingang Tulang,1,nyentana,1,nyepi,10,obama,1,obat alami kecoak,1,odalan,6,odgj,1,ogoh-ogoh,6,olahraga,5,otonan,1,pagerwesi,1,pahlawan,3,pajajaran,1,pal sri sedana,1,palawakya,1,pameran,2,pandawa,2,pandu,1,pangerupukan,5,pangiwa,1,pantai,5,Pantai Geger,1,pantai kuta,1,Pantai Melasti,1,Pantai Padang Padang,1,panti asuhan,1,papua,4,pasar badung,2,paskibraka,3,pasraman,1,patung,2,patung bayi Sakah,1,pawang hujan,2,pdam denpasar,2,pecinan,1,pedofilia,1,pegayaman,1,pelinggih,1,pemacekan agung,2,pemangku,1,penamaan,1,penampahan,2,pencurian,1,pendeta,1,pendidikan agama hindu,2,penggak men mersi,1,pengobatan,22,penjor,4,penjor galungan,1,penulis,1,penyajaan,1,penyakit,2,penyu,1,penyucian,1,perajin,1,perdana menteri,1,pergerakan,1,peristiwa,23,pernikahan,4,peruntungan,2,pesta kesenian bali,12,pesugihan,1,phdi,3,phdi Bali,6,PHDI Pusat,2,pica fest,1,pitara,1,pitra yadnya,1,PKB,12,pkb2022,1,PMI,1,pns,1,pohon keramat,2,poligami,1,polisi,3,polisi ditusuk di denpasar,1,politikus,2,politisi,1,Polresta Denpasar,1,ponsel,1,pop bali,1,ppkm,1,prestasi,1,primbon,101,produk,1,puan maharani,2,puisi berbahasa bali,1,pulaki,1,pulet-pulet,1,pura,39,pura besakih,3,pura di jawa,1,pura gelap,1,pura lempuyang luhur,1,pura luhur uluwatu,2,pura melanting,1,pura pucak penulisan,1,pura samuan tiga,1,pura tumpa,1,puri agung klungkung,1,puri pemecutan,1,purnama,5,purnama kalima,1,purnama kapat,1,puteri indonesia,3,rabu pahing,1,rabu pon,1,rabu umanis,1,rabu wage,1,rahina bali,1,raja bali,1,raja bangli,2,raja gianyar,1,raja klungkung,1,ralaman,1,ramalan,134,ramayana,3,rambut sehat,1,rejang,1,rejang renteng,1,rejeki,2,rekor muri,1,reportase,3,rerahinan,21,restoran,2,rezeki,1,ridwan kamil,1,rinjani,1,ritus,1,Roga Sanghara Bumi,1,rsj bangli,2,rsud wangaya,1,rsup sanglah,2,rujak,1,rutinitas,1,sabtu kliwon,1,sabtu paing ukir,1,Sabtu Umanis,2,sabtu wage,1,sabuh mas,1,sad kahyangan,1,saiban,1,saka 1942,1,sakit gila,1,sakti,1,salon,1,samson bali,1,sanggar santhi budaya,1,santet,1,santi,1,sanur,19,sanur village festival,8,sapi,1,Sapuh Leger,1,saput poleng,1,saraswati,7,sasih,1,sastra,1,sate lilit,1,sawah,1,sayan,1,segehan,1,sejarah,112,sejarah bali,39,sejarah desa,29,sejarah gunung agung,1,sejarah hindu,3,sejarah pura,26,seksualitas,1,selasa kliwon,1,selasa paing,1,selasa pon,1,seleb,1,selingan,1,semarang,1,semeru,3,sengkuni,2,seni,59,seniman,9,Senin Kliwon,1,senin paing,1,Senin Pon,1,senin wage,1,senjata,1,sepak bola,9,serombotan,1,siat tipat,1,siat yeh,1,sid,2,sisi lain,84,situs hindu,1,siwa,3,siwaratri,5,sman bali mandara,1,SMPN 13 Denpasar,1,smpn 5 denpasar,3,sniper,1,soekarno,3,soma ribek,1,sosok,83,sosrobahu,1,sport,8,stadion kanjuruhan,1,street art,1,sudhi wadani,2,sugihan bali,1,sugihan jawa,1,suku,2,sulawesi utara,1,suling,1,sulinggih,10,sultan,1,sumatera,1,sunset,1,surabaya,1,surya kanta,1,suwat,2,tabanan,25,tahun baru 2022,1,tahun baru saka,1,taksu poleng,1,taledan,1,tanah longsor,3,tanah lot,1,tanda hp terserang malware,1,tanimbar kei,1,tari,3,tari kreasi,1,tari rejang renteng,1,Teknologi,6,tenganan,2,tenung,19,terminal LNG,3,teroris,1,terunyan,2,thailand,1,tiara dewata,1,tilem,5,tinju,1,tips,1,tirta,2,tirta empul,4,tni,3,tni ad,1,tokek,1,tokoh,99,toraja,1,tradisi,7,tradisional,6,tragedi Kanjuruhan,1,travel,9,Tresna Nyama,1,Tri Handoko Seto,1,tri sandya,2,trunyan,1,tsunami,1,tugu tiga,1,tuhan,1,tukad ayung,3,tukad badung,2,tukad bindu,1,tukad loloan,1,tukad oongan,1,tukad yeh ho,1,tumbal,1,tumpek,1,tumpek kandang,1,tumpek krulut,1,tumpek landep,1,tumpek wariga,1,tumpek wayang,1,tutorial,3,uang kepeng,1,ubud,13,ubud foof festival,1,udeng merah,1,ugu,1,uhn igb sugriwa,1,ulah pati,5,ular,3,uma,1,uni emirat arab,1,unik,13,universitas gajah mada,1,universitas indonesia,2,universitas udayana,1,unud,4,unuk,1,upakara,4,usada,1,usada buduh,1,usadha,9,vaksinasi Covid-19,2,veteran,1,video,1,viral,31,walhi bali,3,wariga,120,warisan,1,watak,2,wayan koster,5,Wayang,7,wbtb,1,weda,1,wewaran,2,whatsapp,3,whdi,1,wiracarita,10,wisata,36,wuku,4,wuku bala,1,wuku dukut,7,wuku klawu,2,wuku Watugunung,4,wuku wayang,1,yadnya,2,yadnya sesa,1,Yan Srikandi,1,yeh labuh,1,yong sagita,1,zodiac,2,zodiak,18,
ltr
item
TelusurBali.com: Ini 6 Spiritualis Muda dari Bali, Ada yang Memiliki Kekuatan Gaib Sejak Umur 4 Tahun hingga Ada yang Didatangi Sosok Mirip Jogor Manik
Ini 6 Spiritualis Muda dari Bali, Ada yang Memiliki Kekuatan Gaib Sejak Umur 4 Tahun hingga Ada yang Didatangi Sosok Mirip Jogor Manik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjuNhvVw3fPyMinQzwRjZYMPBM9L-hYBAkH_hcvHxqDgZ44RO2mwQfoFFO4bpNo0FSthwRus8HCbRYxTS_AIbyf_gfBN96bzYbfHd6SCGGHQrV_gCbPzH9RMQmlIsXB_NILTQR84yIDAR0h1s5KfBgzHhoclIjORd8fG_18VNs7QheNE9IcC8BL3dCv/s16000/550672_20211116101114.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjuNhvVw3fPyMinQzwRjZYMPBM9L-hYBAkH_hcvHxqDgZ44RO2mwQfoFFO4bpNo0FSthwRus8HCbRYxTS_AIbyf_gfBN96bzYbfHd6SCGGHQrV_gCbPzH9RMQmlIsXB_NILTQR84yIDAR0h1s5KfBgzHhoclIjORd8fG_18VNs7QheNE9IcC8BL3dCv/s72-c/550672_20211116101114.webp
TelusurBali.com
https://www.telusurbali.com/2022/04/ini-6-spiritualis-muda-dari-bali-ada.html
https://www.telusurbali.com/
https://www.telusurbali.com/
https://www.telusurbali.com/2022/04/ini-6-spiritualis-muda-dari-bali-ada.html
true
4771231865681501597
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content